Kompas TV regional kriminal

Ingin Dipandang Sukses Teman-temannya, Pemuda Ini Curi dan Pakai Seragam Polisi

Kompas.tv - 19 November 2020, 17:20 WIB
ingin-dipandang-sukses-teman-temannya-pemuda-ini-curi-dan-pakai-seragam-polisi
Pelaku Hadi yang mencuri seragam petugas kepolisian saat digelandang ke Polsek Moncongloe, Maros, Sulawesi Selatan (19/11/2020). (Sumber: KOMPAS.TV/ASIS HAMID)
Penulis : Idham Saputra

MAROS, KOMPAS.TV - Hanya karena ingin dipandang sukses menjadi seorang polisi di hadapan teman-temannya, seorang pemuda nekat mengambil dan mengenakan seragam lengkap milik petugas kepolisian yang tengah lepas tugas.

Polisi gadungan ini terpaksa diamankan oleh petugas kepolisian Polsek Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (19/11/2020) setelah penyamarannya terbongkar saat bertamu di rumah seorang polisi.

Muh. Hadi Thufail Hasbar, pemuda berusia 17 tahun ini hanya bisa pasrah saat diamankan oleh petugas kepolisian Polsek Moncongloe.

Baca Juga: HRD Gadungan di Bandung: Syarat Kerja Diminta Foto Bugil, Korban Ada yang Disetubuhi

Polisi gadungan ini diamankan petugas sesaat setelah penyamarannya terbongkar.

Dengan seragam lengkap milik seorang personel kepolisian berpangkat Bripka yang bertugas di wilayah tempat tinggalnya, pemuda asal Barombong, Kabupaten Gowa, Sulsel ini menjalankan aksinya.

Hadi mengaku nekat mengenakan seragam petugas hanya karena ingin dipandang sukses menjadi seorang polisi oleh teman-temannya.

“Untuk memperlihatkan ke teman-teman bahwa saya sukses menjadi seorang polisi. Cita-cita awal memang mau jadi polisi. Ini seragam Pak Hasbi, dia tugas di Polsek Barombong, dia tidak tau kalau seragamnya saya ambil waktu dia gantung di polsek,” kata Hadi.

Aksi pelaku sebagai seorang polisi gadungan mulai terungkap saat mengunjungi teman sekolahnya di Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros.

Baca Juga: Buntut Acara Habib Rizieq Shihab: Pejabat Polri Dicopot, Anies Dipanggil Polisi

Kanit Intel Polsek Moncongloe, Aiptu Muhammad Tahir Lanci menjelaskan, saat itu ia bertamu di rumah salah seorang anggota kepolisian yang merupakan orangtua dari teman sekolahnya dulu.

Dari keterangan Tahir, pelaku ini sendiri merupakan pegawai harian lepas (PHL) di Polsek Barombong, Kabupaten Gowa.

“Dia (pelaku) sebagai PHL di Polsek Barombong. Namun saat itu ada anggota lepas tugas bajunya di pakai ke BTN Asabri menemui temannya,” ujar Tahir kepada kompas.tv. 

Melihat pelaku yang masih terlihat muda dan baju yang dikenakan berpangkat Bripka, pemilik rumah curiga hingga penyamaran pemuda ini pun terbongkar.

“Dia hanya ingin memperlihatkan bahwa sudah berhasil saat bertemu orangtua temannya yang merupakan anggota polisi. Orangtua temannya curiga, masih muda tapi pangkatnya sudah Bripka,” jelas dia.

Baca Juga: Uang Rp 1,3 Miliar Raib Diperas Polisi Gadungan, Berawal Kenalan di Facebook

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku kini mendekam di Polsek Moncongloe.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x