Kompas TV nasional berita kompas tv

Menang Penghargaan LKPP, Anies Terus Dorong Kolaborasi Warga dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Kompas.tv - 18 November 2020, 14:17 WIB
menang-penghargaan-lkpp-anies-terus-dorong-kolaborasi-warga-dalam-pengadaan-barang-dan-jasa
Gubernur DKI Jakarta Menerima Penghargaan dari LKPP RI (Sumber: Facebook - Anies Baswedan)
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali meraih penghargaan. Kali ini dalam Indonesia Government Procurement Award yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP RI).

Penghargaan ini diberikan kepada Provinsi DKI Jakarta karena dinilai sebagai pemerintah daerah dengan inovasi pengadaan yang mendukung transparansi belanja pengadaan.

"Republik ini, kota ini harus dibangun dengan semangat gotong royong. Kami menerjemahkan visi ini menjadi berbagai terobosan/inovasi pengadaan oleh Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Provinsi (BPPBJ) DKI Jakarta," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seperti yang tertulis di laman Facebook-nya.

Baca Juga: 3 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan Jadi Sorotan, Salah Satunya Terkait Penanganan Banjir Jakarta
 
Salah satu terobosan yang membuat Pemprov DKI Jakarta memperoleh penghargaan adalah e-Order, inovasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) untuk belanja UMKM sampai dengan 50 juta. 

Market place yang diluncurkan sejak tahun lalu ini membuka ruang bagi UMKM untuk ikut menikmati PBJ di Indonesia. Pengadaan 22 juta masker kain untuk seluruh warga DKI di masa awal pandemi Covid-19 juga dimungkinkan melalui e-Order.

"Kita terus mendorong kolaborasi warga dalam pengadaan barang dan jasa. Jika selama ini pemerintah melaksanakan sendiri program-programnya dan warga menunggu dilayani saja (City 1.0), sekarang kami bisa mengajak warga menjadi mitra pemerintah, bersama-sama menyelesaikan masalah kotanya. Ini yang kita sebut sebagai City 4.0, kota kolaborasi," lanjut Anies.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Beri Penghargaan 11 Bangunan Ramah Pesepeda

Penghargaan kepada Pemprov DKI Jakarta diserahkan langsung oleh Kepala LKPP Roni Dwi Susanto dalam Rakornas Pengadaan 2020 pada hari Rabu (18/11/2020) di Bogor, Jawa Barat.

Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa 2020 dibuka oleh Presiden Joko Widodo, dan turut dihadiri oleh stakeholder pengadaan dari seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan organisasi mitra pembangunan yang terkait secara daring.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.