Kompas TV nasional politik

Jika Reshuffle, Jokowi Akan Beri Tahu Semua Ketum Partai Pendukung

Kompas.tv - 17 November 2020, 09:45 WIB
jika-reshuffle-jokowi-akan-beri-tahu-semua-ketum-partai-pendukung
(Sumber: Kompas Tv)
Penulis : Zaki Amrullah

JAKARTA, KOMPAS.TV- Isu pergantian menteri yang berkinerja buruk sempat mencuat dalam beberapa waktu lalu terkait penanganan Covid-19 yang dinilai lambat.

Dalam sebuah rapat kabinet Presiden Jokowi  sempat menyampaikan kemarahannya. Dia mengancam akan membubarkan lembaga atau pergantian menteri.

Namun apakah sekarang reshuffle masih akan dilakukan? Kepada Rosianna Silalahi dalam wawancara ekslusif dalam program Rossi bertajuk, “Jokowi  Dikepung Kritik”, yang ditayangkan Senin (16/11/2020), Jokowi tak menjawab tegas. Dia hanya menyebut pergantian menteri bisa dilakukan minggu depan, bulan depan atau tahun depan.

“Kalau tidak baik akan saya ganti. Saya biasa akan bilang (kepada ketua umum partai, red) akan saya ganti. Saya biasa bicara begitu,” kata Jokowi.  

Menurut Jokowi hal tersebut sudah diketahui oleh semua ketua umum partai. “Termasuk kepada Ibu Megawati?” Tanya Rosi. “Semua, nggak ada beban. Untuk kebaikan semua akan saya lakukan.

Megawati Soekarnoputeri adalah Ketua Umum PDI Perjuangan tempat Presiden Jokowi meniti karir politiknya sejak menjadi wali kota  Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi presiden dua periode.  Megawati senantia menegaskan bahwa Presiden Jokowi adalah “petugas partai”. 

Baca Juga: Kapan Jokowi akan Reshuffle Kabinet? - EKSKLUSIF ROSI (Bag 2)

Dalam pidato rapat kabinet yang beredar beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi pernah dengan tegas menyatakan akan membubarkan lembaga bahkan mengganti menteri yang berkinerja buruk. “Kita bertanggungjawab terhadap 267 juta rakyat. Jangan biasa saja, jangan linier, jangan anggap normal.Nggak ada progress,” katanya.

Jokowi melanjutkan asal demi rakyat apapun akan dia lakukan.

“Asal untuk rakyat akan saya lakukan, bisa saja bubarkan lembaga, reshuffle. Saya sudah kepikiran kemana-mana,” katanya.  

Jokowi juga mengatakan bahwa setiap menteri bekerja berdasarkan target dan ada KPI (Key Performance Indicator). Dan menteri-menteri sekarang dinilai sudah bagus dalam hal kerja tim. (Iman Firdaus)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x