Kompas TV video cerita indonesia

Kuasa Hukum FPI Ungkap Alasan Rizieq Tak Perlu Isolasi Mandiri 14 Hari

Kompas.tv - 12 November 2020, 21:57 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro menyebut Rizieq Shihab sudah melakukan tes swab begitu tiba di Indonesia dan hasilnya negatif

Pernyataan ini menanggapi aktivitas Rizieq yang kerap menerima tamu dan mengisi ceramah, padahal ia belum genap 14 hari melakukan karantina sesuai aturan pemerintah.

Sugito menyebut dengan begitu Rizieq tidak perlu untuk menjalankan isolasi selama 14 hari lagi karena tidak ada indikasi terkena covid-19.

Sebelumnya, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat menyatakan, Rizieq wajib menjalani karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Tanah Air. Budi menuturkan, karantina tersebut sebagaimana prosedur Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) saat tiba di Indonesia.

"Iya harus melakukan karantina (14 hari)," ujar Budi ketika dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Tak hanya itu, Rizieq harus mengantongi surat keterangan yang menunjukkan negatif Covid-19 berdasarkan tes polymerase chain reaction (PCR). Surat itu hanya berlaku selama tujuh hari. Sebaliknya, jika tak mengantongi bukti hasil tes PCR, seseorang yang pulang dari luar negeri diwajibkan menjalani pemeriksaan swab.

"Jika hasilnya negatif bisa melanjutkan perjalanan dan menjalani karantina mandiri di rumah/ tempat tinggalnya selama 14 hari," ucap Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x