Kompas TV regional berita daerah

Pengamat Puji Upaya Ganjar Pulihkan Ekonomi Di masa Pandemi

Kompas.tv - 12 November 2020, 18:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gara-gara pandemi Covid-19, para kepala daerah kini dipusingkan dengan bagaimana membangkitkan ekonomi daerah mereka yang kondisinya porak poranda. Pengamat ekonomi dari Undip FX Sugianto menilai upaya yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar dengan menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sudah tepat.

Ditemui di ruang kerjanya, pengamat ekonomi Undip Semarang, FX Sugiyanto meminta kepada Gubernur Jawa Tengah untuk lebih mengutamakan penyelamatan usaha mikro kecil dan menengah dibanding ekonomi makro untuk saat ini. Pasalnya, dampak dari pandemi ini akan lebih dirasakan UMKM dibandingkan ekonomi makro.

FX Sugiyanto memuji langkah Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dalam mensupport UMKM agar tetap survive dan berkembang. Untuk memulihkan perekonomian di Jawa Tengah di masa pandemi, Ganjar Pranowo memiliki lima jurus yang ampuh. Jurus pertama yang dilakukan Ganjar Pranowo adalah dengan memotivasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Motivasi itu tak sekedar kata-kata atau ucapan, namun juga langsung terjun memantau kondisi umkm di sejumlah daerah. Biasanya kunjungan ini dilakukan pada saat gowes pagi maupun kunjungan kerja di lapangan. Sambil berkunjung, Ganjar juga mendokumentasi UMKM tersebut yang kemudian ia promosikan lewat media sosial.

Langkah kedua yaitu Ganjar membuka gratis endorse di akun instagram miliknya setiap hari minggu. Melalui program Lapak Ganjar, ribuan produk telah berhasil dipromosikan lewat instastory @ganjar_pranowo. Orang nomor satu di Jawa Tengah ini juga menggandeng e-commerce kelas unicorn untuk pelatihan marketing online kepada para pelaku UMKM.

Selain itu, Ganjar juga menggelar UKM Virtual Expo 2020. Event ini berhasil mencatatkan rekor karena hanya dalam tiga hari yaitu 25 hingga 27 Oktober 2020 berhasil membukukan transaksi 3,1 miliar rupiah dengan rincian 1,9 miliar transaksi ritel dan 1,2 miliar rupiah berupa order.  

Selain menghidupkan UMKM, jurus lain Ganjar adalah dengan membuka  objek wisata, namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk penerapan protokol kesehatan ini, Ganjar juga melakukan pemantauan langsung di tempat-tempat wisata.

#Ganjar #UMKM #PengamatEkonomi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x