Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut: Sudah Ada Bukti Ekonomi Membaik

Kompas.tv - 10 November 2020, 19:11 WIB
luhut-sudah-ada-bukti-ekonomi-membaik
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yakin ekonomi Indonesia akan pulih dengan cepat dari resesi.

Menurutnya, pemulihan ekonomi sudah tecermin dari realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III kemarin.

"Kita sekarang sudah mulai (membaik), dari kontraksi 5,32 persen (kuartal II-2020), sekarang di 3,49 persen (kuartal III 2020). Dari data-data yang ada kita sudah mulai bangkit dari resesi ini," terang Luhut, Selasa (10/11/2020).

Ia sangat percaya diri, di kuartal selanjutnya, ekonomi Indonesia akan pulih lebih cepat, seiring penyesuaian kebiasaan-kebiasaan baru pada pengendalian pandemi corona.

"Penanganan Covid-19 saya kira masih berjalan cukup bagus dan saya berharap ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi mulai sekarang," ujar dia.

Sampai saat ini dan diprediksi beberapa waktu kedepan, pandemi covid-19 dipastikan membuat pengusaha gamang.

“Pengusaha itu lebih takut pada ketidakpastian pandemi, ketimbang resesi,” tandas Sarman Simanjorang, Ketua HIPPI Jakarta, kepada KompasTV.

Baca Juga: Terkait Target dan Perkembangan Vaksin Corona, Ini Penjelasannya

Oleh sebab itu, akademisi sekaligus ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal juga menegaskan, upaya ekonomi apapun, akan menjadi sia-sia, jika pandemi tidak terkendali.

“Kunci pemulihan ekonomi itu hanya pengendalian pandemi,” jelasnya. Apalagi, jikapun nanti vaksin sudah ketemu, butuh proses panjang untuk menciptakan "herd immunity".

Hingga Selasa ini pukul 12.00 WIB, ada penambahan 3.779 kasus baru covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan itu membuat total positif covid-19 di Indonesia kini mencapai 444.348 orang, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Baca Juga: Luhut Sebut Vaksinasi Corona akan Dimulai Pertengahan Desember, Sudah Lolos Uji Klinis?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x