Kompas TV regional berita daerah

Denyut Ekonomi Makassar Ditengah Pandemi

Kompas.tv - 9 November 2020, 18:57 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSART, KOMPAS.TV - Selain penanganan kasus covid-19 , pemerintah daerah kini mulai kembali menata sektor ekonomi . Daya beli yang anjlok , membuat pertumbuhan ekonomi tahun ini dipastikan minus . Namun dengan berbagai stimulus kebijakan , ekonomi di sulawesi selatan kembali berkontraksi .

Virus korona yang mulai mewabah sejak awal tahun ini , membuat hampir semua sektor terpuruk ., satu diantaranya adalah sektor ekonomi . Penurunan daya beli membuat pertumbuhan ekonomi anjlok , bahkan tercatat hingga minus .

Untuk sulawesi selatan , pertumbuhan ekonomi  triwulan dua tahun ini di angka minus 3 koma 86 persen . Jadi catatan buruk , dalam beberapa dekade terakhir . 

Seiring waktu , pengendalian kasus covid-19 mulai dilakukan . Pembenahan sektor vital ini diambil , dengan berbagai kebijakan , berharap deyut ekonomi kembali berdetak .

Pembatasan sosial berskala besar yang sempat di ambil , mulai di renggangkan . Pememrintah daerah pun berharap , ekonomi berlahan berkontraksi , meski kasus covid-19 masih ada .

Berbagai regulasi yang di jalankan dinilai menujukkan hasil  positif . Ekonomi makassar dan sulsel berlahan mulai bangkit . Meski masih minus , namun jauh lebih baik di bandingkan triwulan sebelumnya . Angkanya kini satu koma nol delapan persen secara tahunan .

Penanganan covid-19 tetap jadi prioritas utama , kala masa pandemi belum berakhir . Namun , perbaikan sektor ekonomi juga tak bisa di ambaikan , apalagi , sektor ini jadi jantung pemompa sektor lain .    

#EKONOMIMAKASSAR
#EKONOMIDITENGAHPANDEMI
#RESESI

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x