Kompas TV regional berita daerah

413 Tahun Kota Makassar, Menyimpan Banyak Cerita

Kompas.tv - 9 November 2020, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Hari ini 9 november 2020 , jadi hari yang istimewa bagi kota makassar . Kota daeng genap berusia 413 tahun . Di usia yang semakin matang , makassar menyimpan banyak cerita , dinamika hingga asa .

Kota makassar , kini genap berusia 413 tahun . Usia matang bagi salah satu kota yang pernah mendunia .

Kota ini semakin cantik dan tak pernah berhenti bersolek . Pembangunan di setiap sudut , membuat-nya semakin melaju .

Makassar pun kini berubah , jadi salah satu kota metropolitan di indonesia . Di huni hampir dua juta jiwa , kota ini menjanjikan harapan dan juga banyak cerita .

Makassar mulai dikenal sejak abad ke -15 . Perkembangan perdagangan  satu abad kemudian , membuat makassar mendunia . Kala itu , makassar , bahkan masuk dalam 20 kota besar di dunia .

Masuknya islam ke kota ini pada tahun 1605 jadi era baru bagi makassar . Sholat jumat perdana dua tahun kemudia di masjid tallo dan somba opu jadi cikal bakal penetapan hari jadi makassar . Kala itu , sholat jumat perdana di gelar pada 9 november , dan ditetapkan jadi hari jadi makassar sejak tahun 2000 .

Nama makassar sempat berubah menjadi ujung pandang sekitar tahun 1971 . Namun , sebutan makassar dikembalikan setelah 28 tahun kemudian atau pada tahun 1999 .

 kini makassar berada di era milenial , berjalan mengikuti masa dan terus berkembang hingga akhir masa .



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x