Kompas TV regional update corona

Anies: Wabah Corona di Jakarta Menuju Aman, Penularan Masih Ada tapi Melambat

Kompas.tv - 8 November 2020, 21:52 WIB
anies-wabah-corona-di-jakarta-menuju-aman-penularan-masih-ada-tapi-melambat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penularan Covid-19 di Jakarta mulai terkendali dan menuju aman. Penularan masih ada, namun melambat. (Sumber: Dokumentasi Pemprov DKI Jakarta)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penularan wabah virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta mulai terkendali dan menuju aman.

Hal itu berdasarkan data-data dari epidemiologis selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi periode 24 Oktober-7 November 2020.

"Berdasarkan data-data epidemiologis selama penerapan PSBB masa transisi kali ini, kondisi wabah Covid-19 DKI Jakarta lebih terkendali dan menuju kategori aman," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga: Jakarta Bebas Zona Merah, Anies: Kita Tidak Fokus ke Warna

Dia menjelaskan, PSBB transisi yang berjalan dua pekan terakhir berhasil menurunkan angka penularan Covid-19 di Jakarta.

Penularan kasus Covid-19 tercatat sebesar 12.481 kasus pada periode 10-24 Oktober, kemudian menjadi 8.026 kasus pada 24 Oktober-7 November atau turun sebanyak 55 persen.

"Artinya, penularan masih ada di Jakarta, namun melambat setiap dua pekan terakhir selama PSBB transisi ini," kata Anies.

Selain tingkat penularan yang menurun, Anies menjabarkan tingkat kesembuhan dari Covid-19 meningkat 90,7 persen pada 7 November 2020. Begitu juga tingkat kematian yang stabil di angka 2,1 persen.

Khusus pada PSBB masa transisi, persentase kematian menurun dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya, yakni di angka 2,4 persen 9 September lalu dan 2,2 persen 10 Oktober lalu.

Dengan menurunnya tren penularan kasus Covid-19 di Jakarta, Anies berterima kasih kepada masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan sehingga penularan menjadi lebih terkendali.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang terus melaksanakan protokol kesehatan dengan 3M secara disiplin," kata dia.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Perpanjang PSBB Hingga 22 November 2020

Langit jakarta dimasa Pandemi Covid PSBB transisi jakarta (Sumber: YANUAR WINARTO 19/09/2020)

PSBB Transisi Diperpanjang

Adapun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

PSBB diperpanjang selama 14 hari, terhitung mulai Senin (9/11/2020) sampai 22 November 2020 mendatang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x