Kompas TV regional berita daerah

Pengamat Puji 5 Jurus Ganjar Pulihkan Ekonomi Jawa Tengah

Kompas.tv - 7 November 2020, 22:40 WIB
Penulis : Christandi Dimas

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pandemi corona yang terjadi sejak delapan bulan terakhir berdampak nyata pada penurunan perekonomian di Indonesia, khususnya bagi perekonomian daerah.

Untuk menanggulangi hal ini diperlukan penyelamatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM masyarakat agar ekonomi daerah dapat bangkit kembali.

Untuk memulihkan perekonomian daerah di masa pandemi corona, Pengamat Ekonomi Universitas Diponegoro FX Sugianto menilai perekonomian warga dapat bangkit dengan terus mendukung sejumlah usaha warga.

Penyelamatan UMKM harus lebih diutamakan dibandingkan dengan ekonomi makro karena dampak pandemi corona akan lebih dirasakan UMKM dibandingkan ekonomi makro.

Untuk itu FX Sugiyanto menilai langkah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung UMKM agar tetap berkembang sudah tepat.

Untuk memulihkan perekonomian di Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo menyebut memiliki lima jurus yang ampuh.

Jurus pertama ialah dengan memotivasi pelaku UMKM berupa pemantauan secara langsung, kemudian juga memberikan promosi gratis endorse dalam program Lapak Ganjar di media sosoal.

Selain itu ada juga pelatihan marketing online kepada para pelaku UMKM serta menggelar UKM Virtual Expo 2020 yang bahkan mencatat rekor dengan transaksi sebesar Rp 3.1 miliar hanya dalam waktu tiga hari.

Serta terakhir, menghidupkan UMKM dengan membuka objek wisata dengan menerapkan protokol kesehatan dan dipantau langsung di tempat-tempat wisata.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x