Kompas TV nasional politik

Di Forum WHO Terawan Akui Penanganan Covid-19 di Indonesia Bukan Perkara Mudah

Kompas.tv - 6 November 2020, 21:54 WIB
di-forum-who-terawan-akui-penanganan-covid-19-di-indonesia-bukan-perkara-mudah
Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto (Sumber: Youtube Kemendikbud RI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengakui penanganan Covid-19 di Indonesia bukan perkara mudah.

Menurutnya ada banyak sekali pemangku kepentingan, baik tingkat nasional maupun daerah yang harus diajak bekerja sama dalam satu komando.

Namun, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan koordinasi dari Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Luhut Binsar Pandjaitan seluruh  kementerian/lembaga, satgas nasional dan daerah TNI/Polri, Pemda, fasilitas layanan kesehatan, laboratorium, universitas, profesional, dan organisasi internasional dapat berkomitmen dan aktif untuk berkontribusi pada proses IAR.

Baca Juga: Terawan Diundang WHO untuk Bicara Penanganan Covid-19 di Indonesia

“Ini bukan hal mudah untuk menjadi perwakilan 138 multi-sektoral stakeholder untuk mengadakan review penanganan Covid-19 di Indonesia," ujarnya saat konferensi pers virtual bersama WHO, Jumat (6/11/2020).

Lebih lanjut, Terawan membagikan pengalaman Indonesia dalam penanganan Covid-19. Ada sembilan kunci pilar yang dilakukan Satgas Covid-19, yakni komando dan koordinasi, komunikasi risiko and pemberdayaan masyarakat.

Kemudian tim surveilans dan investigasi kasus yang merespons cepat, titik masuk perjalanan dan transportas internasional.

Baca Juga: Luhut Ingatkan Terawan Soal Lonjakan Covid-19 di 4 Provinsi

Selanjutnya laboratorium, kontrol infeksi, risk manajemen risiko, dukungan logistik dan operasional serta memelihara sistem pelayanan kesehatan esensial.

Terawan juga menjelaskan rekomendasi IAR digunakan dalam revisi pedoman operasional layanan kesehatan Covid-19, dari level nasional dan subnasional.

“Jadi dengan IAR ini kami menjadi salah satu wilayan yang mengalami banyak perbaikan dalam penanganan Covid-19,” ujar Terawan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.