Kompas TV regional berita daerah

Percantik Tanaman Hias Dengan Kokedama Sabut Kelapa

Kompas.tv - 5 November 2020, 17:23 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bercocok tanam menggunakan media tanam dari plastik atau semen mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika bercocok tanam menggunakan media sabut kelapa. Di Jember, Jawa Timur, sekelompok praktisi pertanian mengembangkan teknik bercocok tanam kokedama dengan media sabut kelapa. Selain murah, sabut kelapa juga baik dalam menyerap dan menyimpan air.

Teknik bercocok tanam kokedama ini menggunakan sabut kelapa sebagai pengganti lumut. Selain murah dan mudah didapat, sabut kelapa mempunyai tekstur yang baik untuk menyerap air dibandingkan lumut. Selain itu, sabut kelapa juga berfungsi sebagai pengikat media tanah.

Cara membuat kokedama sabut kelapa tidak jauh berbeda dengan kokedama lumut. Gumpalan tanah yang menjadi media tanam dililit menggunakan sabut kelapa yang telah berbentuk tali. Lilitan sabut kelapa ini berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air untuk kebutuhan tanaman.

Baca Juga: Kripik Tape, Inovasi Warga Di Tengah Pandemi

Menurut Hidayah, salah satu pegiat kokedama dari sabut kelapa menyebut selain sebagai pengikat media tanam, lilitan sabut kelapa juga dapat mempercantik tampilan tanaman hias.

Perawatannya pun cukup mudah, hanya dengan penyemprotan secukupnya atau cukup mencelupkan kokedama sabut kelapa ke dalam air.

Selain menambah nilai ekonomis tanaman, kokedama sabut kelapa ini juga cocok untuk bercocok tanam di lahan yang sempit.

 

#Kokedama #SabutKelapa #TanamanHias #UniversitasMuhammadiyahJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x