Kompas TV nasional peristiwa

DKI Jakarta Terpilih Jadi Kota Terbaik Dunia, Anies Sebut Ini Kemenangan Warga

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 17:32 WIB
dki-jakarta-terpilih-jadi-kota-terbaik-dunia-anies-sebut-ini-kemenangan-warga
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Stasiun MRT ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Selasa 22/1/2020 (Sumber: KompasTV)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - DKI Jakarta baru saja terpilih sebagai kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Diketahui, penghargaan tersebut diberikan kepada kota maju di sistem transportasi publik dan mobilitas sebuah kota.

Kemenangan Jakarta tersebut diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020 pada Jumat (30/10/2020) malam.

Baca Juga: Anies: Udara Jakarta Membaik karena PSBB

Jakarta mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco, dan Sao Paulo.

STA adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global.

Itu seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI).

Baca Juga: Hari ke-3 Cuti Bersama, 509 Kendaraan Keluar Jakarta

"Dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD, dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (31/10/2020).

"Seperti perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik."

Anies menyebutkan, STA 2021 adalah kemenangan warga Jakarta karena tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC.

Baca Juga: MRT Jakarta Fase 2 Berlanjut, Antisipasi Bencana Alam Ditingkatkan

Peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian transjakarta pada Februari lalu sebelum pandemi.

"Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat," tuturnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x