Kompas TV regional berita daerah

Migrasi Kawanan Hiu Tutul Untuk Mencari Pakan di Selat Madura

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PASURUAN, KOMPAS.TV - Puluhan ekor hiu tutul berkeliaran bebas di perairan laut utara Pasuruan, Jawa Timur, sejak beberapa hari terakhir. Mamalia laut asal Perairan Australia tersebut diduga migrasi ke perairan Selat Madura karena memburu plankton.

Satwa dilindungi dengan nama whole shark atau hiu tutul nampak berenang bebas di perairan laut utara Kota Pasuruan, Jawa Timur, pada Jumat (30/10). Ada yang berkelompok dan ada yang berpencar. Rata-rata hiu tutul tersebut berukuran sekitar 4 hingga 6 meter.

Mamalia asal perairan Australia tersebut nampak mencolok saat berenang di perairan dangkal laut utara atau kawasan Selat Madura.

Nelayan tak perlu khawatir dan takut, karena hiu tutul selama ini dikenal jinak dan jarang mengganggu nelayan. Kemunculan hiu tutul tersebut diduga karena memburu plankton yang persediaan di habitat aslinya mulai habis.

Kasat Pol Air Polres Pasuruan, AKP Poerlaksono mengatakan bahwa satuan polisi air melakukan patroli laut secara berkala untuk memastikan hiu tutul aman dan tetap terlindungi.

Baca Juga: Warga Berburu Ikan Mabuk Saat Banjir Lahar Hujan

Untuk bisa melihat gerombolan hiu tutul tersebut, warga bisa melalui pelabuhan Kota Pasuruan. Setelah 10 menit menempuh perjalanan menggunakan kapal motor, warga akan melihat kawanan hiu tutul tersebut.

 

#HiuTutul #PerairanUtara #SelatMadura #PerairanAustralia #Plankton



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x