Kompas TV regional berita daerah

Penerapan Protokol Kesehatan di Lokasi Wisata

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 11:00 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Provinsi Jawa Barat (Jabar) memiliki sejumlah destinasi wisata yang mudah untuk diakses oleh wisatawan dari beberapa daerah di sekitarnya termasuk DKI Jakarta. 

Sebagai langkah mengantisipasi kedatangan wisatawan, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jabar Iwan Darmawan menuturkan, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. 

“Gubernur memerintahkan Disparbud dan Satgas Covid-19 untuk lakukan random sampling di beberapa wilayah,” kata Iwan kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Random sampling yang dimaksud yakni rapid test secara acak pada wisatawan di daerah Jawa Barat. 

Jika ditemukan wisatawan hasil reaktif dari rapid test, maka langkah selanjutnya akan dilakukan swab test.

Sementara itu di Denpasar Bali, Menyambut libur panjang cuti bersama di akhir pekan, sejumlah pengelola destinasi wisata di Provinsi Bali berupaya menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Manajer Operasional obyek wisata Tanah Lot Tabanan Ketut Toya Adnanyana mengatakan, pihaknya terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan melalui media sosial. 

Sehingga, wisatawan mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat berwisata di Tanah Lot.

Selain itu, pengelola juga menyediakan tempat mencuci tangan di area Tanah Lot. Para wisatawan wajib menggunakan masker dan akan melewati pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x