Kompas TV regional berita daerah

Siswa SMK Sidoarjo Ciptakan Palang Pintu Pengukur Suhu

Jumat, 30 Oktober 2020 | 17:38 WIB

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur - Sambut Sekolah tatap muka yang mulai dilakukan kembali di Jawa Timur, tiga siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo menciptakan bilik pengukur suhu tubuh berpalang pintu otomatis.

Bilik ini sendiri tidak akan terbuka jika salah seorang siswa memiliki suhu tubuh di atas suhu normal.

Pembuatan bilik ini juga untuk mengurai kerumunan siswa, saat mengukur suhu tubuh mereka ketika hendak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ditangan tiga siswa SMK, jurusan Mekatronika bilik ini lahir. Berbekal dana sekitar 2 juta rupiah, dan waktu pengerjaan selama 1 bulan, mereka bisa merakit alat palang pintu otomatis ini.

Prinsip kerja bilik palang pintu ini dengan memanfaatkan sensor pengukur suhu tubuh, sensor ultrasonic, dan juga servo. Bilik ini dapat mendeteksi suhu tubuh siswa dan siswi hanya dengan memindai telapak tangan siswa maupun guru, tanpa harus menempelkan tangan mereka.

Palang pintu ini sendiri akan secara otomatis terbuka jika siswa ataupun guru terdeteksi memiliki suhu tubuh di bawah 37 derajat Celsius.

Namun jika terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celsius, maka palang pintu tidak akan terbuka dan alarm peringatan akan berbunyi.

Tak puas, ketiga siswa SMK ini akan melakukan pengembangan atas temuan mereka ini. Mereka juga meminta kepada pihak sekolah untuk segera mematenkan temuan mereka tersebut.

“Ide awalnya ini ketika kami melihat banyak siswa berkumpul (pengecekan suhu) saat masuk sekolah. Dengan alat ini bisa mengurangi kerumunan dan kontak fisik sesuai protokol kesehatan. Mungkin kedepannya kami akan tambahkan disinfektan, seperti itu.” Ujar Calvin, siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo ini.

 

#Sidoarjo #Jatim #Teknologi #Inovasi #Suhu #Thermal #Sensor #Covid19 #Corona

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook :https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram :https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter :https://twitter.com/kompastvjatim 

Penulis : KompasTV Surabaya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:40
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020