Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Penyerangan di Gereja Prancis Diketahui Berasal dari Tunisia

Jumat, 30 Oktober 2020 | 13:28 WIB

NICE, KOMPAS.TV - Jaksa penuntut anti-terorisme Prancis Jean-Francois Ricard mengumumkan informasi mengenai pelaku penyerangan yang membunuh tiga orang di sebuah gereja Nice, Prancis.

Pelaku merupakan seorang laki-laki yang berasal dari Tunisia. Pria tersebut diperkirakan berusia 20 tahun dan masuk ke Prancis dari Italia. Saat penyerangan, dia membawa salinan kitab suci.

Jean-Francois Ricard mengatakan pada konferensi pers Kamis (29/10/2020) malam, bahwa pria itu tiba di Italia dengan mencapai pulau Lampedusa di Mediterania pada 10 September 2020.

Informasi perjalanan didapatkan dari dokumen tentang pria tersebut dari Palang Merah Italia.

Pelaku penyerangan saat ini terluka parah dan sedang dirawat di rumah sakit.

Pelaku penyerangan membunuh dua orang yang merupakan pria dan wanita, yang dia temui dalam basilika Nice. Kedua orang ini langsung meninggal di tempat.

Sedangkan korban ketiga adalah wanita berusia 44 tahun, yang berusaha melarikan diri dengan berlari ke restoran terdekat. Ia kemudian meninggal di restoran tersebut.

Pemerintah Prancis langsung membuka penyelidikan atas peristiwa ini. Jaksa penuntut mengatakan, penyerang yang lahir pada tahun 1999 itu tak masuk radar badan intelijen sebagai potensi ancaman.

Atas insiden ini, pemerintah Perancis saat ini meningkatkan status ancaman keamanan ke level tertinggi.

Baca Juga: Serangan di Prancis, Bagaimana Keadaan WNI di Nice?

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:07
PEMERINTAH KORUT PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH MEMERANGI PANDEMI KORONA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KOOPERATIF PENUHI PANGGILAN DAN PEMERIKSAAN POLISI   POLDA METRO JAYA LAYANGKAN SURAT PEMANGGILAN TERHADAP PIMPINAN FPI RIZIEQ SHIHAB ATAS KERUMUNAN DI PETAMBURAN   SATGAS COVID-19: PEMERINTAH TERUS BERKOORDINASI DENGAN PEMDA MENYIAPKAN SDM YANG DIBUTUHKAN DALAM VAKSINASI   SATGAS COVID-19 TENGAH MELAKUKAN FINALISASI UNTUK MENENTUKAN DAERAH PRIORITAS YANG AKAN MEMPEROLEH VAKSIN   KOALISI JARINGAN MASYARAKAT SIPIL MINTA POLRI USUT TUNTAS KASUS PEMBUNUHAN 4 WARGA DI KABUPATEN SIGI, SULTENG   PASCA-AKSI TEROR DI SIGI, MAHFUD MD MINTA PIMPINAN UMAT BERAGAMA DI SULAWESI TENGAH TAK TERPROVOKASI ISU SARA   PULUHAN PELAJAR POSITIF KORONA, SMP SWASTA DI JEPARA, JAWA TENGAH, TERCATAT SEBAGAI KLASTER BARU PENYEBARAN KORONA   SEJUMLAH PEGAWAI POSITIF KORONA, KBRI KUALA LUMPUR TUTUP SEMENTARA MJLAI 30 NOVEMBER HINGGA 4 DESEMBER 2020   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 2.035: 1.405 SEMBUH, 159 MENINGGAL DUNIA, DAN 471 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 505 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 5.655.692 SPESIMEN   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 70.792 ORANG   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 534.266 POSITIF, 445.793 SEMBUH, 16.815 MENINGGAL DUNIA