Kompas TV nasional sosial

71 tahun BBC Siaran Indonesia Ditandai dengan Peluncuran Buku

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 12:55 WIB
71-tahun-bbc-siaran-indonesia-ditandai-dengan-peluncuran-buku
(Sumber: Istimewa)
Penulis : Zaki Amrullah

JAKARTA,KOMPAS.TV-   Ulang tahun ke-71 BBC London Siaran Indonesia yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020 ditandai dengan peluncuran buku berjudul “London Calling”: Pengalaman Bekerja di BBC.

Dalam rilis yang diterima Kompas.TV Jumat (30/10), Eka Budianta penggagas buku ini menjelaskan, buku setebal 426 halaman ini berisi catatan pengalaman 33 orang yang masih atau pernah bekerja untuk BBC Siaran Indonesia, ditambah dua catatan (obituari) mengenai dua orang mantan Kepala Siaran Indonesia.

“Buku ini sebagai wujud persembahan dari kami untuk merayakan ulang tahun BBC Siaran Indonesia dengan penuh kesan. Melalui buku ini, setidaknya ada yang bisa kami catat sebagai kenangan untuk diri kami sendiri, keluarga, dan tentu saja para pendengar yang pernah memperhatikan, mendengarkan dan mengapresiasi pekerjaan kami dengan berbagai cara,” ujar Eka Budianta mantan penyiar BBC London dari tahun 1988-1991.

Munculnya ide menyusun dan menerbitkan buku ini lanjut Eka Budianta, berawal dari reuni virtual yang diikuti lebih dari 30 peserta.  Sebagian dari mereka menurut Eka, masih menjalani karier sebagai wartawan di lembaga penyiaran BBC, dan sebagian lainnya telah pindah dan menempuh karir di bidang atau di lembaga lain. Salah satunya adalah Rizal Sukma Duta Besar RI untuk Inggris (2016-2020).

"Domisili mereka tersebar, mulai dari London (Inggris), Wina (Austria), Manila (Filipina), Tokyo (Jepang), Yangon (Myanmar), Indonesia (Medan, Jakarta, Depok, Yogyakarta), hingga Melbourne (Australia).  Salah seorang peserta acara reuni itu adalah Rizal Sukma, Duta Besar Indonesia untuk Inggris (2016-2020) yang pernah bekerja sebagai produser paruh-waktu di BBC Siaran Indonesia, 1994-1997, saat menempuh studi doktoral di London", tambah Eka Budianta.

Lebih lanjut Eka Budianta menjelaskan, tim penyusun buku merumuskan sejumlah kriteria mengenai isi buku. Utamanya adalah berisi catatan pengalaman pribadi masing-masing penulis selama bekerja di BBC Siaran Indonesia.

Peluncuran buku ini ditargetkan bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-71 BBC Siaran Indonesia.

"Kurang dari empat bulan, tim persiapan berhasil mengumpulkan 33 wartawan atau mantan wartawan BBC Siaran Indonesia lintas generasi. Termasuk mantan staf dari bagian riset pendengar, yang bersedia menyumbangkan tulisan. Sebagian penulis ini bekerja di kantor pusat BBC di London, sebagian lainnya di kantor Jakarta", ujar Eka Budianta.

Dua obituari juga menjadi bagian dari isi buku, yaitu tentang Colin Wild, Kepala Siaran Indonesia selama dua dasawarsa (1972-1992), dan Menuk Suwondo yang dipercaya memegang posisi itu selama 15 tahun (1998-2013).

Buku yang dicetak oleh penerbit Kosa Kata Kita (KKK) ini menurut Eka Budianta mengungkapkan kisah para penulis yang dipekerjakan di kantor pusat BBC di gedung Bush House di jantung kota London.

Para penulis juga mengungkapkan berbagai pengalaman pribadi selama menjalani hidup di London.

"Beragam alasan memicu para penulis untuk bekerja di BBC.  Diantaranya ada yang ingin melihat dunia dan ada pula yang sejak kecil, memimpikan berkarier di BBC.  Mimpi itu ada yang bermula dari desa di pelosok Jawa, atau dari kota kecil dan besar di Sumatera dan wilayah lainnya di tanah air. Bahkan ada yang mulai menyalakan mimpi itu di dalam hatinya, dari satu pojok terpencil di kaki gunung di Sumatera Barat.  Selain itu ada pula yang ingin ke BBC karena bosan dengan rutinitas irama kerja di Jakarta", lanjut Eka Budianta.

Baca Juga: Wartawan BBC Bongkar Proses Sidang Reynhard - ROSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x