Kompas TV nasional berita kompas tv

Terkait Bidang Ekonomi, Ini Pembahasan Jokowi dan Menlu AS Mike Pompeo

Kompas.tv - 30 Oktober 2020, 07:00 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Michael Richard Pompeo bertemu presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Bara (29/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut,  Jokowi menyebut kunjungan Mike Pompeo di tengah pandemi Covid-19 tersebut memiliki makna yang mendalam dalam hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat.

Tak hanya itu, kegiatan saling kunjung antar pejabat Amerika dan Indonesia juga disebut Jokowi paling intensif dilakukan, dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika. Selama ini, saling kunjung antar pejabat kita cukup intensif bahkan dapat saya sampaikan paling intensif" ungkap Jokowi kepada Mike Pompeo saat bertemu  di Istana Bogor (29/10).

Sementara itu, Amerika menyebut peran penting Indonesia di dalam kawasan Asia Tenggara.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dengan luas terbesar di Asia Tenggara, Indonesia dinilai memerankan peranan penting di kawasan.

Di bidang ekonomi, Presiden berharap Amerika dapat memperpanjang  fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) untuk produk ekspor asal Indonesia.

GSP merupakan kebijakan perdagangan suatu negara yang memberi pemotongan bea masuk impor terhadap produk ekspor negara penerima.

Sebelumnya, Amerika melakukan evaluasi terhadap fasilitas GSP yang diberikan kepada Indonesia.

Presiden berharap, kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Amerika Serikat dapat meningkat di masa mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x