Kompas TV regional berita daerah

Mimbar Bebas Tolak UU Omnibus Law, Mahasiswa Bacakan Sumpah Duka Pemuda

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 19:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Aksi mimbar bebas di jalanan dilakukan mahasiswa dari BEM Se-Kalimantan Selatan di simpang empat lampu merah JL. Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin, rabu sore (28/10/2020).

Dalam aksi ini mahasiswa kembali menyatakan  penolakan atas  Undang-Undang  Omnibus Law Cipta Kerja dan menuntut presiden segera mengeluarkan PERPPU untuk membatalkannya, serta menyuarakan  penyelamatan pegunungan meratus dari ancaman eksploitasi.

Baca Juga: Aliansi Buruh Kalsel Suarakan Mosi Tidak Percaya Usai DPR RI Tak Hadiri Tantangan Debat UU Ciptaker

Dalam aksi kali ini mahasiswa mengenakan baju hitam,  mengekspresikan rasa duka cita atas ditetapkannya dua mahasiswa yang menjadi pimpinan aksi dalam unjuk rasa 15 oktober lalu sebagai tersangka dengan dugaan pelanggaran pasal 218 KUHP akibat berunjuk rasa melewati pukul 18.00, yaitu Ahdiat Zairullah dan Renaldi.

Kendati demikian keduanya tetap hadir dalam aksi dan turut berorasi.

Menurut Ahdiat, ini sebagai bentuk bahwa mahasiswa menolak untuk dibungkam dan tetap akan bersuara menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

“status tersangka ini justru menjadi pemicu semangat untuk terus berjuang dan turun ke jalan. Tuntutannya tetap sama, keluarkan perppu sekarang juga tolak omnibus law,” ucap Ahdiat Zairullah, Koordinator Wilayah BEM Se-Kalsel.

Baca Juga: Diperiksa Polisi, Mahasiswa Lakukan Aksi Solidaritas dengan Jalan Kaki Menuju Mapolda Kalsel

Mahasiswa menyatakan akan tetap kembali turun ke jalan hingga tuntutan dipenuhi.

Sementara aksi berlangsung tertib diakhiri dengan pembacaan pernyataan sikap  untuk tetap menolak undang undang  cipta kerja dan kriminalisasi pada aktivis dan mahasiswa yang berunjuk rasa.

Mahasiswa pun sempat membacakan sumpah duka pemuda Indonesia dan mengheningkan cipta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.