Kompas TV TALKSHOW polling

Jangan Khawatir!!! Meski Ada Potensi Tsunami 20 Meter, Ini Yang Harus Dilakukan - POLLING Eps #24

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia adalah negara kepulauan yang letak geografisnya dikelilingi oleh lempeng yang terus bergerak, yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Akibat dari pergerakan lempeng tersebut, gempa pun tak dapat dihindari. Beragam potensi bencana alam bisa terjadi, letusan gunung berapi, gempa, atau bahkan tsunami.

Beberapa waktu yang lalu, peneliti ITB bekerja sama dengan BNPB dan BMKG melakukan penelitian tentang tsunami di selatan Jawa.

Hasil penelitian tersebut mengatakan ada potensi terjadinya tsunami hingga 20 meter di selatan Pulau Jawa. 

Baca Juga: Gempa Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami, BMKG: Bukan di Zona ''Megathrust''

Ahli tsunami sekaligus Plt Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Abdul Muhari memastikan, gempa dan tsunami tersebut akan terjadi.  

Gempa dan tsunami pasti akan terjadi, tapi kapan dan berapa kekuatannya kita tidak tahu”, ungkap Abdul Muhari saat diwawancara dalam program Polling Kompas TV. 

Ia menambahkan, gempa dan tsunami dengan kekuatan hingga 9 skala richter dapat terjadi akibat adanya pelepasan energi. Kejadian ini bisa terjadi dalam periode waktu 400 tahun.

Lalu, seperti apa hasil penelitian tersebut? yuk simak penjelasan lengkapnya di acara Polling, Kompas TV.

Penulis : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:42
JELANG NATAL & TAHUN BARU, PT KAI DAOP 1 JAKARTA BUKA PEMESANAN TIKET KERETA JARAK JAUH HINGGA 31 DESEMBER 2020   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   PEMERINTAH KOREA UTARA PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH PERANGI PANDEMI COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN SELURUH MASYARAKAT HARUS KOOPERATIF DALAM PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SESALKAN TINDAKAN RIZIEQ SHIHAB YANG MENOLAK PENELUSURAN KONTAK PASIEN COVID-19   BIMA ARYA TEGASKAN RS RUJUKAN PASIEN COVID-19 HARUS MENYAMPAIKAN LAPORAN BERKALA KEPADA SATGAS KOTA BOGOR   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA NILAI PENANGANAN COVID-19 DI RS UMMI SAAT MENANGANI RIZIEQ SHIHAB TAK SESUAI PROSEDUR   DIRUT RS UMMI BOGOR MINTA PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB TETAP ISOLASI MANDIRI KARENA HASIL TES USAP COVID-19 BELUM KELUAR    DIRUT RS UMMI BOGOR SEBUT PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PULANG ATAS PERMINTAAN KELUARGA   KETUA DPP FPI SLAMET MAARIF BANTAH PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB KABUR DARI RUMAH SAKIT UMMI BOGOR, JABAR   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN TERHADAP PEMIMPIN FPI RIZIEQ SHIHAB PADA SELASA, 1 DESEMBER 2020