Kompas TV klik360 cerita indonesia

[FULL] Presiden Jokowi Bertemu Menlu AS Mike Pompeo, Ini Hal yang Dibahas

Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:11 WIB

BOGOR, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor (29/10).

Dalam pertemuan tersebut,  Jokowi menyebut kunjungan Mike Pompeo di tengah pandemi Covid-19 tersebut memiliki makna yang mendalam dalam hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat.

Tak hanya itu, kegiatan saling kunjung antar pejabat Amerika dan Indonesia juga disebut Jokowi paling intensif dilakukan, dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Kunjungan Anda di tengah pandemi ini menunjukkan arti penting kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika. Selama ini, saling kunjung antar pejabat kita cukup intensif bahkan dapat saya sampaikan paling intensif” ungkap Jokowi kepada Mike Pompeo saat bertemu  di Istana Bogor (29/10).

Baca Juga: Ini Alasan Kuat Amerika Ingin Jalin Hubungan dengan Indonesia

Sementara itu, Amerika menyebut peran penting Indonesia di dalam kawasan Asia Tenggara.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dengan luas terbesar di Asia Tenggara, Indonesia dinilai memerankan peranan penting di kawasan.

“Indonesia adalah anchor Asean. Oleh karena itu, dengan peran besar Indonesia ini, maka Amerika betul-betul ingin menjalin hubungan yang lebih baik dengan Indonesia, termasuk ekonomi dan juga kerja sama di bidang pertahanan”, ungkap Rento saat membacakan hasil pertemuan Jokowi dan Mike Pompeo (29/10).

Indonesia dan Amerika berharap, hubungan kedua negara dapat meningkat dengan baik, dalam bidang ekonomi, pendidikan hingga militer.

Penulis : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:47
PEMERINTAH KORUT PERKETAT PEMBATASAN MEMASUKI LAUTAN SEBAGAI LANGKAH MEMERANGI PANDEMI KORONA   AKTIVITAS GUNUNG ILE LEWOTOLOK LEMBATA TERUS MENINGKAT, BPBD IMBAU WARGA MENGGUNAKAN MASKER   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILE LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   BPBD: SEBANYAK 2.782 ORANG MENGUNGSI AKIBAT ERUPSI GUNUNG ILE LEWOTOLOK DI KABUPATEN LEMBATA, NTT   SEBANYAK 22 TENAGA KESEHATAN DAN 7 DOKTER DI RSUD YOGYAKARTA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KOALISI JARINGAN MASYARAKAT SIPIL MINTA POLRI USUT TUNTAS KASUS PEMBUNUHAN EMPAT WARGA DI KABUPATEN SIGI, SULTENG   PASCA-AKSI TEROR DI SIGI, MAHFUD MD MINTA PIMPINAN UMAT BERAGAMA DI SULAWESI TENGAH TAK TERPROVOKASI ISU SARA   PULUHAN PELAJAR POSITIF KORONA, SMP SWASTA DI JEPARA, JAWA TENGAH, TERCATAT SEBAGAI KLASTER BARU PENYEBARAN KORONA   SEJUMLAH PEGAWAI POSITIF KORONA, KBRI KUALA LUMPUR TUTUP SEMENTARA MJLAI 30 NOVEMBER HINGGA 4 DESEMBER 2020   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 2.035: 1.405 SEMBUH, 159 MENINGGAL DUNIA, DAN 471 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 505 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 5.655.692 SPESIMEN   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 70.792 ORANG   HINGGA 29 NOVEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 534.266 POSITIF, 445.793 SEMBUH, 16.815 MENINGGAL DUNIA