Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Sekte Seks NXIVM Divonis 120 Tahun Penjara

Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:21 WIB
pemimpin-sekte-seks-nxivm-divonis-120-tahun-penjara
Keith Raniere (tengah), pemimpin sekte seks NXIVM, dalam sketsa pengadilan di masa awal persidangan tahun lalu. (Sumber: AP File)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pemimpin sekte seks NXIVM (baca: nexium) Keith Raniere (60) dihukum 120 tahun penjara atas kejahatannya melakukan perbudakan seks terhadap para pengikutnya.

Hakim Distrik AS Nicholas Garaufis menjatuhkan vonis ini di Pengadilan Federal Brooklyn, Amerika Serikat (AS), Selasa (27/10) waktu setempat setelah mendengarkan kesaksian 15 korban Raniere seperti dilansir dari Associated Press. Hakim Garaufis menyatakan Raniere telah melakukan kejahatan keji mengerikan karena ia menyasar para gadis dan perempuan muda dalam konspirasi perdagangan seks yang membuat trauma korban-korbannya seumur hidup.

Baca Juga: Heboh Sekte Pemuja Setan di Kampus Bandung Merujuk Itenas Mendadak Viral, Begini Duduk Perkaranya

“Saya percaya saya tidak bersalah atas tuduhan-tuduhan ini,” ucap Raniere membela diri, “Saya tidak menyesali kejahatan yang saya yakini tidak saya lakukan.”

Raniere mendirikan oganisasi ‘pengembangan pribadi profesional’ NXIVM di Albany, New York, pada 1998. NXIVM menggelar kursus-kursus pengembangan pribadi yang hanya dapat diikuti oleh peserta lewat undangan dengan tarif ribuan dolar. Namun, NXIVM yang memiliki cabang di Meksiko dan Kanada ternyata merupakan sekte seks yang menipu korban-korbannya. Para pengikut NXIVM harus bersumpah mematuhi Raniere dan menanggung penghinaan sebagai bagian dari ajaran Raniere.

Para pengikut setia Raniere menyebut Raniere sebagai ‘sang pelopor’. Untuk menghormati Raniere, mereka membentuk kelompok rahasia yang terdiri dari para ‘budak’ perempuan yang harus berhubungan seks dengan Raniere. Para budak seks ini juga harus menerima rajah inisial Raniere di tubuh mereka. Mereka juga harus menyerahkan informasi memalukan tentang diri mereka yang bisa digunakan Raniere untuk memanipulasi mereka bila suatu saat mereka meninggalkan Raniere.

Baca Juga: Jual Tiket Surga, Pimpinan Sekte ini Ditangkap Polisi

Penulis : Vyara Lestari

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:02
MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR INGATKAN KEPALA DESA HARUS NETRAL SAAT PILKADA 2020   KOMNAS PEREMPUAN: KEKERASAN BERBASIS GENDER DALAM DARING MENINGKAT SAAT PANDEMI COVID-19   PGRI DUKUNG RENCANA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO HARAP VAKSIN MERAH PUTIH DIDISTRIBUSIKAN DI TRIWULAN KE-4 2021   SATGAS COVID-19 NILAI PENULARAN COVID-19 TERJADI KETIKA ADA KERUMUNAN   SATGAS COVID-19 SALURKAN ALAT MATERIAL KESEHATAN KE DAERAH UNTUK GENCARKAN 3T   PMI: TAK ADA PENULARAN COVID-19 LEWAT DARAH, MASYARAKAT TETAP BISA DONOR DARAH   PEMPROV LAMPUNG SIAP LAKUKAN SIMULASI VAKSIN COVID-19   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO TEGASKAN PERBEDAAN POLITIK JANGAN PUDARKAN PERSATUAN   KPU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PASTIKAN SELURUH PETUGAS KPPS BEBAS DARI COVID-19   KEMENDIKBUD SEBUT SELEKSI GURU PPPK BERDASARKAN KOMPETENSI   KEMENDIKBUD: ORANGTUA PERLU BERI KETELADANAN DALAM PENGGUNAAN GAWAI DI DEPAN ANAK   GUBERNUR KEPULAUAN BABEL ERZALDI ROSMAN: PANDEMI JADI PELUANG INOVASI DUNIA PENDIDIKAN UNTUK SDM LEBIH UNGGUL   PEMKOT BOGOR DALAMI DUGAAN PELANGGARAN PROSEDUR TES USAP RIZIEQ SHIHAB