Kompas TV regional berita daerah

Santri Bantu Service Motor Gratis Di Desa Terpencil

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 13:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Belasan montir dari BLK Komunitas Santri, bakti sosial dengan membuka servis gratis ke desa terpencil. Servis motor gratis di halaman rumah warga Dusun Kebonagung, Desa Lajer, Grobogan mendapat antusias warga. Puluhan motor warga sudah banyak berjajar mengantri untuk di servis dan diperbaiki secara gratis. Terlebih lokasi desa mereka berada di tengah hutan dan jauh dari bengkel motor.

Para santri yang tergabung dalam Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pesantren Al-Hidayah, Karang Rayung, Kabupaten Grobogan ini melakukan bakti sosial dengan memberikan servis motor secara gratis kepada warga di Dusun Kebonagung, Desa Lajer, Grobogan. 

Satu per satu motor milik warga yang sudah diantrekan sejak pagi hari, diperbaiki dan diservis oleh para santri yang memiliki keahlian montir. Mereka yang akan menserviskan sepeda motor miliknya, diharuskan menerapkan protokol kesehatan. Demikian juga para santri selaku montir tetap mengenakan masker dan menjaga jarak.

Servis gratis yang ada di Desa Lajer ini menurut warga sangat membantu. Selain karena gratis, warga juga terbantu dengan adanya bengkel motor dadakan dari BLK komunitas para santri ini karena justru datang ke desa mereka. Selama ini, warga mengeluh kesulitan mendapatkan bengkel saat kendaraan mereka rusak, karena desa mereka letaknya terpencil yang aksesnya harus melalui hutan dan pegunungan. Biasanya warga desa harus menempuh jarak sekitar 3 Kilometer jika hendak memperbaiki motor mereka yang mengalami rusak mesin.

Menurut Ketua BLK Komunitas Santri Al Hidayah, ide melakukan bakti sosial bengkel ini, karena ingin membantu warga desa sekitar kawasan hutan jati di Wilayah Kecamatan Karang Rayung, Grobogan, di masa pandemi ini. 

Kegiatan servis gratis bengkel keliling ini sudah dilakukan ke sejumlah desa. Biasanya, setiap melakukan servis gratis bengkel keliling di satu desa, dalam sehari para montir yang masih usia pelajar ini mampu melayani sekitar 30 sepeda motor. Selain membantu warga desa yang sedang kesulitan akibat dampak pandemi, adanya bengkel keliling ini juga dapat semakin mengasah kemampuan montir dan otomotif para santri di BLK komunitas.

#BLK #ServisGratis #Santri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x