Kompas TV internasional kompas dunia

Pejabat Kementerian Kesehatan AS: Pandemi Jelas Dapat Dikendalikan

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 12:23 WIB
pejabat-kementerian-kesehatan-as-pandemi-jelas-dapat-dikendalikan
Asisten Menteri Kesehatan AS Laksamana Kesehatan Brett Giroir. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Hanya satu hari setelah Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan "kami tidak dapat mengendalikan pandemi," seorang pejabat kesehatan administrasi Trump mengatakan bahwa orang Amerika telah membuktikan mereka dapat melakukannya.

"Saya pikir kita bisa mengendalikan pandemi," kata Asisten Menteri Kesehatan Laksamana Kesehatan Brett Giroir seperti dilansir dari the Associated Press.

Dia menggarisbawahi perilaku 3W, yaitu “Watching your distance from other people” (perhatikan jarak anda dengan orang lain), “Wearing a mask when you can’t keep away” (Pakailah masker ketika tidak bisa menjaga jarak) dan “Washing your hands” (cuci tangan anda).

Baca Juga: Kepala Staf Gedung Putih: AS Tak Bisa Kendalikan Corona

Giroir mengatakan data menunjukkan dengan cukup jelas, bahwa tindakan sederhana seperti itu memang tidak dapat sepenuhnya mengalahkan virus. Namun tindakan ini dapat mengendalikannya.

Kemudian dia menambahkan, virus corona akan semakin dapat dikendalikan ketika vaksin disetujui dan didistribusikan secara luas.

Komentar ini menunjukkan perbedaan terbuka antara pejabat di kementerian kesehatan dan penasihat Gedung Putih untuk Presiden Donald Trump.

Penasihat Gedung Putih percaya bahwa orang Amerika dapat mencapai kekebalan dengan kembali ke kehidupan normal.

Baca Juga: Kata Trump, Angka Kematian Akibat Covid-19 Terlalu Berlebihan

Trump sendiri masih melakukan kampanye jelang pemilu dengan sebagian besar peserta yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

Giroir adalah spesialis perawatan kritis anak, tetapi juga melakukan penelitian ilmiah untuk Covid-19.

Dia telah bekerja untuk meningkatkan pengujian virus corona di panti jompo dan fasilitas perawatan jangka panjang lainnya, yang menyebabkan lebih dari 40% kematian akibat Covid-19.

Pada hari Minggu lalu, Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows mengatakan kepada CNN bahwa pemerintah tidak bisa mengendalikan pandemi.

Baca Juga: Sama-sama Dilanda Covid-19, AS dan Eropa Gunakan Kebijakan yang Kontras

Namun pemerintah akan mengontrol bahwa mereka bisa mendapatkan vaksin, terapi, dan area mitigasi lainnya.

Ditanya mengapa AS tidak akan bisa mengendalikan virus, Meadows menjawab, “Karena itu adalah virus yang menular. Sama seperti flu, itu menular. "

Namun para ilmuwan mengatakan, langkah-langkah kesehatan masyarakat telah terbukti berhasil mengendalikan wabah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x