Kompas TV nasional peristiwa

Sumpah Pemuda, Ribuan Massa dari Berbagai Elemen Demo di Beberapa Titik Jakarta Tolak Omnibus Law

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 07:53 WIB
sumpah-pemuda-ribuan-massa-dari-berbagai-elemen-demo-di-beberapa-titik-jakarta-tolak-omnibus-law
Mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (SI) melakukan demo aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2020). Mereka menolak pengesahan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Bertepatan dengan Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Rabu (28/10/2020), diperkirakan ribuan massa dari berbagai elemen menggelar aksi demo di beberapa titik Jakarta.

Tuntutan massa aksi kali ini masih sama, yakni menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja. Massa mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau Perppu.

Berdasarkan laporan polisi, lokasi aksi massa akan dilakukan di beberapa titik Jakarta antara lain Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gedung DPR/MPR, Tugu Proklamasi, dan Patung Ondel-ondel Kemayoran.

Baca Juga: Mahasiswa Kembali Gelar Demo Tolak UU Cipta Kerja di Depan Gedung DPRD Jawa Barat

Salah satu elemen massa yang akan turun ke jalan yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinator Pusat BEM SI, Remy Hastian.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan kembali turun aksi untuk mendesak Presiden segera mencabut UU Cipta Kerja, dalam perjuangan yang akan kami teruskan dengan momentum 28 Oktober, bertepatan dengan Sumpah Pemuda," kata Remy Hastian melalui keterangan resminya pada Selasa (27/10/2020).

Remy memperkirakan massa aksi dari pihak BEM SI yang akan turun ke jalan kemungkinan berjumlah 1.000 orang.
Adapun lokasi demo kemungkinan di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Sementara itu, Gerakan Buruh Bersama Rakyat atau Gebrak dan Fraksi Rakyat Indonesia akan menggelar demo dengan mengadakan mimbar rakyat di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat pada hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Ramai Seruan Pembangkangan Sipil Tolak Bayar Pajak Gara-gara Pengesahan UU Cipta Kerja, Ini Kata DJP

Sedangkan di Gedung DPR/MPR, sejumlah massa yang akan berdemo di sana yakni dari Federasi Serikat Buruh Kimia, Industri, Farmasi, dan Kesehatan (FSB Kikes).

Kemudian juga ada dari Fraksi Pemuda Menggugat, Gerakan Kembali ke UUD 1945 Asli, dan Universitas Alqidah Al Hasyimiyah.

Terakhir, di Kemayoran tepatnya di Patung Ondel-ondel ada kelompok dari Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Kemayoran yang akan menggelar aksi demo.

Menanggapi akan adanya aksi demo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo megimbau kepada masyarakat untuk menghindari sejumlah titik aksi demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja, pada Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Serikat Buruh Ancam Demo Besar-besaran 2 November jika Jokowi Teken UU Cipta Kerja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.