Kompas TV internasional kompas dunia

Keengganan Paus Fransiskus Memakai Masker Timbulkan Kekhawatiran

Kompas.tv - 28 Oktober 2020, 04:07 WIB
keengganan-paus-fransiskus-memakai-masker-timbulkan-kekhawatiran
Paus Fransiskus mengenakan masker dalam sebuah acara di Roma, Selasa (20/10/2020) lalu. Paus kerap terlihat tanpa masker dan hal ini menimbulkan kekhawatiran. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

ROMA, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus seringkali tampil di depan publik tanpa memakai masker. Hal ini menjadi perhatian para ahli kesehatan.

Kini Komisi Ahli Vatikan tengah membantu Gereja Katolik untuk memetakan jalan melalui pandemi.

Pendeta Augusto Zampini, salah satu anggota kunci dari komisi Covid-19 Vatikan, mengakui bahwa Paus Fransiskus termasuk dalam golongan resiko tinggi untuk mengalami komplikasi jika terjangkit Covid-19.

Pada Selasa (27/10/2020), Zampini mengatakan Paus Fransiskus pernah mengalami pengangkatan sebagian paru-paru karena sakit di masa mudanya.

“Dia sudah mulai menggunakan masker sekarang,” kata Zampini menanggapi pertanyaan wartawan seperti dilansir dari the Associated Press.

Baca Juga: JK Bertemu Paus Fransiskus Saat Jadi Juri Zayed Award fo Human Fraternity

“Dan saya berharap dia akan menggunakannya di tempat publik, ketika dia dekat dengan masyarakat. Jika Anda berada di ruang terbuka, kami tahu itu berbeda. Tapi yah, kami sedang mengusahakannya," tambahnya lagi.

Paus Fransiskus mendapat kritik karena menolak memakai masker ketika berada di dalam ruangan, meskipun peraturan Vatikan mewajibkan pemakaian masker di dalam dan luar ruangan ketika tak bisa menjaga jarak sosial.

Paus memakai masker selama lebih dari dua jam minggu lalu, ketika dia memimpin layanan doa antaragama di dalam dan di luar ruangan di pusat kota Roma.

Namun keesokan harinya, Paus Fransiskus pergi tanpa masker selama audiensi umum dalam ruangan di auditorium Vatikan. Dia juga berjabat tangan dengan beberapa uskup yang juga tidak bermasker.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x