Kompas TV regional berita daerah

Peringatan Sumpah Pemuda, Bandara Internasional Yogyakarta Jadi Tempat Konser Virtual

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 14:00 WIB
peringatan-sumpah-pemuda-bandara-internasional-yogyakarta-jadi-tempat-konser-virtual
Sejumlah patung tari tradisional angguk menghiasi dinding underpass Bandara Yogyakarta International Airport di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta (Sumber: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Bandara Internasional Yogyakarta menjadi bandara pertama di Indonesia yang akan dipakai sebagai tempat konser virtual. Perhalatan yang diadakan PT Angkasa Pura (AP) I ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 di Bandara Internasional Yogyakarta yang bertajuk ‘dari Yogyakarta untuk Indonesia’ ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan secara langsung pada akun Youtube Angkasa Pura Airports (https://www.youtube.com/c/angkasapuraairports) serta akun media sosial para sponsor pada Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB.

“Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 ini diselenggarakan untuk membangkitkan semangat persatuan Indonesia dan diharapkan menjadi momen kebangkitan pariwisata dan perekonomian Indonesia yang terpukul sejak awal tahun ini akibat pandemi Covid-19,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT AP I Devy Suradji, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Pesawat Citilink Tabrak Layang-Layang Saat Mendarat di Bandara Yogyakarta, Begini Kondisinya

Bandara Internasional Yogyakarta dipilih sebagai lokasi acara karena Yogyakarta merepresentasikan keragaman budaya di Indonesia. Di dalam bandara yang baru beroperasi ini juga terdapat bermacam karya seni sebagai media apresiasi terhadap nilai budaya lokal dan masyarakat desa yang wilayahnya dibangun menjadi Bandara Internasional Yogyakarta.

Selain menjadi wadah untuk seni, Bandara Internasional Yogyakarta juga tempat para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini ditunjukkan melalui penyediaan Galeri UMKM di bandara terbesar di Indonesia ini yang diberi nama Pasar Kota Gede. Galeri UMKM ini memiliki luas 1.513 meter persegi dan hingga 600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Penumpang Pesawat dari Bandara Yogyakarta Kini Bebas Airport Tax, Kok Bisa?

Konser virtual ini berisi pertunjukkan musik Once Mekel dan Shaggydog. Selain itu, penonton juga bisa berpartisipasi mengikuti kusi di sela-sela acara dengan hadiah utama satu buah unit motor.

Konser Virtual Sumpah Pemuda 2020 di Bandara Internasional Yogyakarta ini juga merupakan bagian dan upaya mendukung kampanye #SafeTravel #TerbangLagi #DiIndonesiaAja yang dikemas menjadi #KonserSumpahPemudaYIA. Menurut Devy, dalam konser virtual ini akan disampaikan berbagai informasi edukatif terkait keamanan perjalanan udara di masa adaptasi kebiasaan baru.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x