Kompas TV regional berita daerah

Protokol Kesehatan Sudah Jadi Kebiasaan Baru saat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 13:40 WIB
Penulis : Merlion Gusti

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Pandemi belum akan usai dalam waktu dekat. Penerapan protokol kesehatan pada era kebiasaan baru saat ini sangat penting.

Seorang ibu yang juga bertugas di badan penanggulangan bencana daerah, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dengan ketat mengawal dan mengingatkan keluarganya, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari covid-19.

Dua bocah ini, baru saja pulang berolahraga pagi, sebelum belajar secara daring. Masker masih terpasang menutupi hidung dan mulutnya.

Dengan penuh kesadaran, sang kakak langsung menuju keran air, untuk mencuci tangan. Sang adik pun, langsung meniru kakaknya, membersihkan tangan, dengan air mengalir.

Setelah dirasa cukup bersih, mereka berdua tanpa ragu lagi, masuk ke dalam rumah.

Seluruh aktivitas harian ini, jadi kebiasaan baru, di lingkungan keluarga mamik sulistyaningrum, seorang ibu 3 anak, warga desa ngemplak, yang juga seorang petugas badan penanggulangan bencana daerah, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Setiap hari, mamik tidak pernah bosan selalu mengingatkan kepada keluarganya, untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Penerapan 3M, yaitu memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan, ditanamkan mamik, sejak pandemi covid-19 melanda.

Penekanan protokol kesehatan, kini sudah menjadi kebiasaan bagi anak-anaknya ketika hendak bermain atau belajar bersama teman-teman.

Mamik sadar, sebagai salah satu satgas penanganan covid-19 dari BPBD temanggung, dirinya berisiko tinggi tertular covid-19. 

Namun, dengan penerapan ketat protokol kesehatan, dan kebiasaan membersihkan diri sebelum bertemu keluarga di rumah, sepulang bertugas, ia yakin bisa menjadi upaya, mengantisipasi penularan covid-19, terutama terhadap keluarga tercintanya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x