Kompas TV regional berita daerah

Jagoan Maraup Untung Dari Kerajinan Bambu

Kompas.tv - 27 Oktober 2020, 13:28 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Gianyar, KOMPASTV - Bambu Bisa Diolah Menjadi Berbagai Macam Bentuk Kerajinan .Seperti Stroo,Tumbler /Kursi , Meja Hingga Gasebo, Kerajinan Furniture Berbahan Dasar Bambu Juga Mampu Meminimalis  Akan Penggunan Plastik , Dan Tentunya Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi .

Ni Made Dadi Adalah Kreator Di Balik Forniture Indah Yang Terbuat Dari Bahan Bambu Ini . Bersama Keluarga/ Dia Memulai Usahanya Sejak Tahun 1989 Silam// Hingga Kini Usahanya Telah Tumbuh Dan Mampu Menembus Pasar Dunia .

Dalam Usahanya Ni Made Dadi Menekankan Ketelitian Khusus Untuk Mendapat Kualitas Bambu Yang Terbaik , Made Dadi Hanya Menggunakan Bambu Yang Berusia Minimal  3 Tahun Untuk Barang Barang Yang Dia Buat ,Beberapa Jenis Bambu Di Gunakan Sebagai Bahan Bahan Forniture Karyanya Seperti Bambu Petung ,Bambu Tali , Bambu Cendani ,Bambu Hitam , Bambu Tutul Hingga Bambu Buluh . Semua Jenis Bambu Ia  Datangkan Dari Berbagai Kota Yang Ada Di Bali Hingga Dari Pulau Jawa . Selain Penentuan Usia Bambu , Sebelum Di Rakit Bambu Yang Baru Datang Di Cuci Terlebih Dahulu , Lalu Melewati Proses  Penjemuran, Pengawetan ,Hingga Di Pernis Untuk Mendapatkan Kwalitas Yang Tidak Mudah Rusak .

Dari Usaha Yang Dia Dirikan Made Dadi Kini Mampu Menyerap Tenaga Kerja Sedikitktnya 20 Orang Dari Warga Sekitar Rumahnya .

Di Tengah Pandemi Made Dadi Menggunakan Teknologi Guna Memasarkan Hasil Kerajinannya Agar Bisa Tetap Memertahankan Eksistensi Dari Kerajinan Bambu . Selain Di Dalam Negeri Berbagai Negara Telah Mampu Di Tembus Untuk Memasarkan  Kerajinan Bambu Yang Ia Buat Seperti Jepang, Australi , Swis/, Francis ,Amerika Hingga Jerman //Made Dadi Pun Berharap Usahanya Bisa Terus Berkembang Dan Bisa Memberikan Nilai Ekonomis Bagi Para Pekerjanya .

#bisnis #usahabambu #exporbambu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x