Kompas TV internasional kompas dunia

Kelompok Pro-Demokrasi Melakukan Unjuk Rasa di Kedutaan Besar Jerman di Bangkok

Selasa, 27 Oktober 2020 | 04:40 WIB
kelompok-pro-demokrasi-melakukan-unjuk-rasa-di-kedutaan-besar-jerman-di-bangkok
Para biksu ikut berbaris bersama kelompok pro-demokrasi untuk melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Jerman di Bangkok, Senin (26/10/2020). (Sumber: Associated Press)

BANGKOK, KOMPAS.TV - Demonstran pro-demokrasi di Thailand memperluas protes pada hari Senin (27/10/2020).

Mereka berkumpul di depan Kedutaan Besar Jerman di Bangkok untuk memohon kepada pemerintah Angela Merkel, untuk menyelidiki apakah raja Thailand telah menjalankan kekuasaan politik selama tinggal di Bavaria, Jerman.

Para pengunjuk rasa melakukan protes sambil mengkritik Parlemen. Parlemen Thailand memulai sebuah sesi yang dilaksanakan selama dua hari untuk mengatasi ketegangan politik. Sesi ini dimulai pada Senin (26/10/2020).

Aktivis pro-demokrasi hampir setiap hari melakukan unjuk rasa di Bangkok. Ada tiga tuntutan mereka, yaitu pengunduran diri perdana menteri, perubahan konstitusi, dan reformasi monarki.

Mereka percaya raja memegang kekuasaan yang sangat besar, yang mereka sebut sebagai demokrasi di bawah monarki konstitusional.

Baca Juga: Menlu Jerman: Jerman Periksa Aktivitas Raja Thailand

Namun kritik dan unjuk rasa yang ditunjukkan warga Thailand ini belum pernah terjadi sebelumnya. Karena rakyat Thailand percaya bahwa kerajaan merupakan institusi yang sakral.

Penulis : Tussie Ayu

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:02
STAFSUS MENAG KEVIN HAIKAL PASTIKAN MENAG FACHRUL RAZI SEHAT, TAK BENAR KEMBALI POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA NILAI PEMBELAJARAN TATAP MUKA BERISIKO TINGGI PENULARAN COVID-19   KPK AKAN GANDENG PPATK TELUSURI ALIRAN DANA DALAM KASUS SUAP IZIN EKSPOR BIBIT LOBSTER YANG MENJERAT MENTERI KP   RUMAH SAKIT KHUSUS INFEKSI PULAU GALANG, RIAU, PER 2 DESEMBER RAWAT 335 PASIEN POSITIF COVID-19   KEMENTERIAN PPPA: ANAK DENGAN HIV/AIDS PERLU DUKUNGAN MASYARAKAT    JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PEMKAB BOYOLALI TAMBAH RS RUJUKAN COVID-19   KEMENDAGRI YAKIN KINERJA PEMPROV DKI TAK TERGANGGU MESKI GUBERNUR DAN WAGUB POSITIF COVID-19   KAPOLRI PERINTAHKAN KORPS KEPOLISIAN PERAIRAN & UDARA AMANKAN DISTRIBUSI KOTAK SUARA PILKADA DI WILAYAH KEPULAUAN   PEMKOT BEKASI SIAPKAN 26 POMPA AIR PORTABEL UNTUK CEGAH BANJIR    MENDAGRI BENTUK TIM KHUSUS UNTUK PANTAU PELAKSANAAN PILKADA 2020    MENTERI BUMN ERICK THOHIR MASIH TUNGGU KEPUTUSAN MENKES SOAL PEMBUKAAN PENDAFTARAN VAKSIN MANDIRI    MENTERI BUMN: PEMERINTAH PASTIKAN DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DILAKUKAN BERTAHAP    MENTERI BUMN: RENCANA PEMERINTAH VAKSINASI COVID-19 TERHADAP 70 PERSEN PENDUDUK SUDAH SESUAI STANDAR WHO   GUBERNUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA TENGAH PERSIAPKAN PEMBENTUKAN SATGAS VAKSINASI COVID-19 DI JATIM