Kompas TV nasional aiman

Berhasil Kabur Dari Penjara Hingga Berakhir Bunuh Diri, Siapakah Cai Changpan? - AIMAN (Bag 5)

Senin, 26 Oktober 2020 | 22:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cai Changpan, napi kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, ditemukan tewas setelah 34 hari dalam pelarian. Napi warga negara Tiongkok ini, ditemukan tewas gantung diri di sebuah tempat pembakaran ban di Jasinga, Kabupaten Bogor.

Namun, akhir pelarian Cai Changpan membuat publik bertanya-tanya. Mengapa terpidana mati itu bunuh diri setelah susah payah menggali lubang pelarian sejauh 30 meter selama 8 bulan? Benarkah jasad yang ditemukan adalah Cai Changpan, buronan kasus narkoba senilai hampir 1 Triliun rupiah?

Atas berbagai pertanyaan publik ini, jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono menggali fakta pada sosok yang pernah dididik militer Tiongkok ini.

Menyusuri medan sulit hutan di kawasan Tenjo dan Jasinga, Aiman mencari tempat persembunyian Cai Changpan, sebelum akhirnya ia bunuh diri. Bagaimana situasi di tempat kejadian perkara (TKP)? Mengapa Cai Changpan memilih lokasi tersebut sebagai tempat persembunyian?

Selain ke TKP, Aiman juga mendatangi Instalasi Forensik RS Bhayangkara Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk melihat secara Eksklusif apakah Cai Changpan benar-benar telah meninggal dunia. Masuk ke ruang penyimpanan jenazah (cold storage) bersuhu minus empat derajat celcius dan berpakaian APD lengkap, berhasilkah Aiman mengidentifikasi jasad Cai Changpan

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:38
PERHELATAN AUSTRALIA OPEN 2021 DI MELBOURNE TERANCAM DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY PASTIKAN PERLINDUNGAN SOSIAL TERSALUR SAMPAI KE WILAYAH PERBATASAN NEGARA DI PAPUA   PANGDAM III SILIWANGI AKAN TERJUNKAN 1.000 PERSONELNYA UNTUK PENGAMANAN DAN KERUMUNAN PILKADA BANTEN   PT PELABUHAN INDONESIA II LANJUTKAN PEMBANGUNAN PROYEK TERMINAL KALI BARU & MENARGETKAN BEROPERASI 2023   MENAKER: 2,1 JUTA KORBAN PHK HARUSNYA DAPAT KARPET MERAH TAPI HANYA 95.559 YANG LOLOS KARTU PRAKERJA   KEMENTERIAN PUPR MEMPEROLEH RP 149,81 TRILIUN UNTUK PAGU ANGGARAN TAHUN 2021   IGNASIUS JONAN DIANGKAT MENJADI KOMISARIS INDEPENDEN PT INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL   PEMKOT TANGSEL BELUM PUTUSKAN SOAL BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA DI SEKOLAH PADA JANUARI 2021   PEMKOT TANGERANG BERENCANA GELAR KEMBALI KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR TATAP MUKA PADA JANUARI 2021   P2G MINTA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TAK TERAPKAN BELAJAR TATAP MUKA DI SEKOLAH JAKARTA   PERHIMPUNAN UNTUK PENDIDIKAN DAN GURU (P2G) SEBUT PANDEMI KORONA UBAH INTERAKSI DAN POLA BELAJAR   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA SEBUT PEMANGKASAN CUTI BERSAMA TAK BERDAMPAK SIGNIFIKAN PADA TRAVEL AGENT   SEBANYAK 11 ANGGOTA TNI DIVONIS BERSALAH KARENA ANIAYA WARGA HINGGA TEWAS DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   DPR SERAHKAN MASUKAN SOAL PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME KE MENKUMHAM YASONNA LAOLY