Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Cina Bahas Cetak Biru Ekonomi 5 Tahunan, Tekankan Pembangunan Teknologi

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 22:19 WIB
pemimpin-cina-bahas-cetak-biru-ekonomi-5-tahunan-tekankan-pembangunan-teknologi
Seorang wanita dengan masker wajah melihat-lihat smartphone-nya saat seorang wanita bertopeng berjalan di dekat toko ritel Huawei mempromosikan jaringan 5G di Beijing pada 11 Oktober 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Zaki Amrullah

BEIJING, KOMPAS TV – Jajaran pemimpin tertinggi Cina hari Senin (26/10/2020) bertemu untuk memformulasikan cetak biru ekonomi China  5 tahun ke depan. Mereka menekankan pembangunan teknologi seperti semikonduktor dan teknologi lain.

Hal ini terjadi di tengah tindakan Amerika Serikat membatasi akses Cina kepada teknologi Amerika Serikat.

Seperti yang dilaporkan Associated Press, Pemerintahan Presiden Cina Xi Jianping,  saat ini gencar meraih pertumbuhan mandiri yang didukung belanja konsumen (dalam negeri) dan pengembangan teknologi, sejalan ketegangan dengan mitra-mitra dagang Cina yang membuat terhambatnya akses ekspor dan teknologi.

Partai Komunis yang berkuasa di Cina,  ingin industri di Cina bergantung pada pemasok dan konsumen domestik, yang dikenal sebagai "Strategi Sirkulasi Ganda".  Artinya, Cina bergantung pada "sirkulasi internal" - siklus produksi, distribusi dan konsumsi domestik - untuk pembangunan jangka panjangnya. Strategi ini akan mengurangi ketergantungan Cina pada pasar dan teknologi luar negeri.

Banyak kalangan ahli ekonomi memperingatkan, walau akan menekan gangguan dari sengketa dagang dengan Amerika Serikat dan mitra dagang lain, namun strategi itu akan menambah ongkos dan mempengaruhi produktivitas.

Baca Juga: Gila! Ekonomi China Melesat, di Tengah Pandemi. Kenapa Bisa Begitu Sakti?

Harian Global Times seperti dilaporkan Associated Press menuliskan, Inovasi akan menjadi pendorong industri manufaktur Cina dan akan menjadi unggulan, sambil secara strategis mengamankan sisi suplai domestik. “Mencapai kemandirian di sektor riset saintifik dan keuangan diprediksi akan menjadi fokus (pertemuan).”

Rencana yang sedang dibahas ini diperkirakan akan menekankan pengembangan semikonduktor untuk komputer dan telepon pintar, kecerdasan artifisial, dan sektor lain yang terkait. (Edwin S. Bimo)

Baca Juga: Laporan Pentagon Sebut China Ingin Bangun Jaringan Logistik Militer di Asia, Termasuk di Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x