Kompas TV regional berita daerah

Erupsi Gunung Merapi Akan Terjadi dalam Waktu Dekat, Tapi

Senin, 26 Oktober 2020 | 20:05 WIB
erupsi-gunung-merapi-akan-terjadi-dalam-waktu-dekat-tapi
Erupsi Gunung Merapi, abu vulkanik setinggi 6.000 meter, pada Minggu (21/6/2020). (Sumber: Twitter @BPPTKG)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Aktivitas vulkanik Gunung Merapi kerap terjadi sejak letusan 21 Juni 2020. Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, aktivitas vulkanik Gunung Merapi kian intensif.

Rata-rata kejadian gempa vulkanik dangkal atau VTB mencapai enam kali per hari, gempa multiphase (MP) sebanyak 83 kali per hari, dan dformasi dari EDM sampai dua sentimeter per hari. Electronic Distance Measurement (EDM) Pos Pengamatan Babadan, menmantau terjadinya inflasi pada tubuh Gunung Merapi,

“Ini mengindikasikan adanya potensi erupsi Gunung Merapi dalam waktu dekat,” ujar Hanik Humaida, Kepala BPPTKG Yogyakarta, dalam acara peringatan Dasawarsa Merapi 2010, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Momen Ganjar Pranowo Bagikan Daging Kurban pada Warga Kaki Gunung Merapi

Ia mengungkapkan indikasi erupsi Gunung Merapi dalam waktu dekat tidak sebesar 2010, walaupun ada kecenderungan mengikuti karakter erupsi pada 2006. Perbandingannya, erupsi kali ini seperseribu dari erupsi pada 2010 dan seperseratus indeks eksplosivitas erupsi pada 2006.

Hanik berupaya meminimalkan risiko bencana dengan melakukan mitigasi bencana erupsi Gunung Merapi.

Baca Juga: Candi Borobudur Terdampak Hujan Abu Gunung Merapi, Pembersihan Sistem Kering Dilakukan

Penulis : Switzy Sabandar

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:59
KEMENTERIAN PUPR: TOL TRANS-JAWA SEPANJANG 1.118 KILOMETER SIAP MELAYANI MASYARAKAT SAAT LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU   BALAI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI MINTA WARGA TAK MENANGKAP ATAU MENGGANGGU JIKA ADA SATWA YANG TURUN KE PERMUKIMAN   MENKEU SRI MULYANI MINTA PIMPINAN KEMENTERIAN DAN PEMDA PERCEPAT BELANJA DI AWAL 2021   PT TRANSJAKARTA: INFORMASI RATUSAN LOWONGAN KERJA UNTUK SMP DAN SMA DI TRANSJAKARTA ADALAH HOAKS   DISHUB DKI MASIH KAJI PERUBAHAN 2 RUTE LRT JAKARTA SEBELUM DISERAHKAN KE KEMENHUB   KONSORSIUM PEMBARUAN AGRARIA DESAK DPR AMBIL SIKAP ATAS RENCANA RELOKASI WARGA PULAU KOMODO, NTT   SEBANYAK 7 PEGAWAI DI KANTOR GUBERNUR NTT POSITIF TERINFEKSI COVID-19   DPRD JEMBER, JATIM, KIRIM 33 ALAT BUKTI SERTA BERKAS PEMAKZULAN BUPATI NONAKTIF FAIDA KE MA   SITUS PETIRTAAN KUNO SUMBERBEJI DI JOMBANG, JATIM, DITUTUP SEMENTARA SELAMA EKSKAVASI GUNA CEGAH KERUMUNAN   DINKES GUNUNG KIDUL, DIY: 3 GURU DAN 2 MURID DARI 2 SD DI KAPANEWON PATUK POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KPU SLEMAN, YOGYAKARTA, SIAPKAN BILIK KHUSUS UNTUK PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS   WALI KOTA SAMARINDA, KALTIM, SJAHARIE JAANG, POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA   POLDA BANTEN AKAN TERJUNKAN 3.500 PERSONEL UNTUK PENGAMANAN PILKADA 2020    KADISHUB DKI SYAFRIN LIPUTO SEBUT PELIBATAN SWASTA DALAM PEMBANGUNAN LRT JAKARTA KARENA PEMPROV KEKURANGAN DANA