Kompas TV nasional politik

Bursa Calon Ketua Umum PPP, Suharso dan Khofifah hingga Sandiaga Uno

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 16:17 WIB
bursa-calon-ketua-umum-ppp-suharso-dan-khofifah-hingga-sandiaga-uno
Ilustrasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kini sedang mempersiapkan pemilihan ketua umum yang baru dan definitif.

Sejumlah calon dari berbagai tokoh nasional pun bermunculan, tapi yang sudah terang-terangan mendeklarasikan diri adalah Suharso Monoarfa yang kini menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP menggantikan Romahurmuziy alias Romi karena tersandung kasus korupsi.

Baca Juga: Muktamar IX PPP, Suharso Monoarfa Deklarasikan Diri Jadi Calon Ketua Umum

Oleh karena itu, setelah perhelatan Pilkada 2020, tepatnya di bulan Desember tahun ini, PPP akan menggelar Muktamar IX di Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu agenda Muktamar itu tak lain adalah pemilihan Ketua Umum yang baru dan definitif.

"Dalam keputusan Mukernas ke-4 yang telah diadakan awal tahun ini, salah satu isinya ialah bahwa kita akan melaksanakan Muktamar setelah selesai Pilkada 2020, karena Pilkada ditunda ke Desember 2020 maka Muktamar akan dilakukan pada bulan Desember 2020," ujar Plt Ketum PPP, Suharso Monoarfa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/10/2020).

Suharso meminta para kader PPP saling mendukung dan solid menyambut Pilkada 2020. 

Suharso yang juga menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini berharap suara PPP bisa melejit di Pemilu 2024 kelak.

Sedangkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arsul Sani menyebutkan bahwa telah ada beberapa nama yang santer di internal PPP akan maju menjadi Ketua Umum walaupun belum mendeklarasikan diri.

"Sejauh ini ada beberapa nama yang disebut di kalangan internal PPP sebagai calon Ketua Umum yah, seperti para tokoh senior PPP diantaranya Pak M. Mardiono, Ahmad Muqowam, dan Ahmad Farial," kata Arsul, yang juga menjabat Wakil Ketua MPR.

Di samping itu, politikus PPP lainnya, Ahmad Baidowi mengatakan sah-sah saja jika Suharso mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum PPP.

"Itu hak pak Suharso untuk deklarasikan diri dan saya kira dia sudah mensosialisaikan pencalonannya kepada beberapa DPW," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kantor Bulog Poso Terbakar

16 April 2024, 13:55 WIB

Close Ads x