Kompas TV regional berita daerah

Cemilan Halua Kenari Kembali Bergairah Ditengah Pandemi

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Sempat berhenti produksi akibat minimnya permintaan lantaran wabah virus korona, kini Santje Ponto seorang pelaku UMKM di kota Manado,  yang memproduksi halua kenari mulai menata kembali usahanya, karena permintaan cemilan halua kenari mulai bergairah terhitung bulan Agustus lalu.

Dapur produksi cemilan halua kenari milik Santje Ponto yang berlokasi di kelurahan Ranotana Weru kota Manado kembali mengebul, setelah sempat vakum lima bulan dan merumahkan tiga orang karyawan akibat pandemi COVID-19 yang melanda.

Wabah korona diakui Santje sangat memukul perekonomian pelaku UMKM terutama di bidang kuliner dan pangan, lantaran sektor pariwisata kota Manado mendadak sepi akibat tak banyak kunjungan wisatawan ke manado.

Namun "awan mendung" akibat terjungkalnya bisnis pariwisata dan mata rantai ikutannya, kini perlahan tersingkap.

Meski permintaan halua kenari belum sepenuhnya normal, namun konsumen lokal dan wisatawan yang mulai datang kembali ke Manado, berangsur melirik kembali halua kenari yang diproduksinya dengan merek "Bagoyang".

Sejak bulan Agustus lalu, Santje bersama rekannya kembali memproduksi halua kenari, yang dikenal banyak orang sebagai salah satu oleh-oleh khas dari provinsi Sulawesi Utara, yang terbuat dari kacang kenari bercampur gula merah ini.

"Halua Kenari" menjadi salah satu produk andalan santje selain kue kering yang sudah diproduksinya bertahun-tahun, karena cemilan ini banyak diminati tak hanya wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Sulawesi Utara, tapi juga oleh warga lokal sebagai penganan ringan yang cocok diminum bersama secangkir kopi atau teh.

Halua kenari yang dihasilkannya, kini mulai dipasarkan kembali ke sejumlah minimarket dan langganan yang memesan langsung kepada Santje.

Santje optimis, meski perekonomian  sempat menurun diterjang korona, namun selalu ada jalan jika manusia mau berusaha dan bekerja.

#kompastvmanado #umkm #kuekhas

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x