Kompas TV nasional politik

Muktamar IX PPP, Suharso Monoarfa Deklarasikan Diri Jadi Calon Ketua Umum

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 15:03 WIB
muktamar-ix-ppp-suharso-monoarfa-deklarasikan-diri-jadi-calon-ketua-umum
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa yang juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga kini belum dipimpin oleh Ketua Umum definitif setelah Romahurmuziy alias Romi tersandung kasus korupsi.

Posisi Romi yang sebelumnya menjadi Ketua Umum digantikan oleh Suharso Monoarfa selaku Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP.

Baca Juga: PPP Jawab Kabar Wapres ke-9 Hamzah Haz, Begini Kondisi Terakhirnya

Oleh karena itu, untuk memunculkan ketua umumnya yang definitif, PPP akan menggelar Muktamar IX yang sedianya digelar akhir 2020 ini di Makassar, Sulawesi Selatan.

Salah satu calon ketua umum definitif yang akan ikut bertarung dalam Muktamar IX PPP itu nanti tak lain adalah Suharso Monoarfa.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini telah mendeklarasikan diri maju sebagai calon Ketua Umum dalam Muktamar IX.

Deklarasi itu telah dilakukan di depan para pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat saat menggelar rapat bersama di Sentul, Bogor, Jumat (23/10/2020).

"Di depan para kader PPP se-Jabar ini, saya mendeklarasikan maju bertarung dalam Muktamar IX untuk menang menjadi Ketua Umum," ujar Suharso, melalui keterangan rilisnya kepada awak media, Sabtu (24/10/2020).

Suharso mengingatkan para kader agar saling berkomunikasi dengan baik dan meningkatkan konsolidasi agar PPP memiliki energi baru memasuki Pilkada 2020 dan Pemilu 2024.

"Kita harus punya energi dan kalori untuk Pemilu 2024, sementara Pilkada 2020 dan 2022 harus menjadi ajang sinergitas kekuatan kader," tutur Suharso.

"Semoga dengan begitu PPP dapat kembali berjaya dan insya Allah mengantongi suara pada Pemilu 2024 dengan jumlah suara yang melampaui jauh dari ambang batas parlemen," imbuhnya.

Baca Juga: Sekjen PPP Sebut Hamzah Haz Dalam Keadaan Sadar dan Bisa Berkomunikasi

Atas deklarasi pencalonan Suharso itu, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengkonfirmasi terkait pencalonan tersebut.

Menurut Arsul Sani, Suharso telah menyampaikan keinginannya untuk maju sebagai Ketua Umum kepada seluruh jajaran PPP. 

Soal calon lain, Arsul menyebut untuk saat ini baru Suharso yang secara terang-terangan mendeklarasikan diri.

"Nah, kalau ditanyakan siapa calon ketua umum yang lain, maka memang baru Pak Suharso yang secara terbuka menyatakan diri," kata Arsul.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.