Kompas TV nasional sapa indonesia

Hindari Razia, Pengendara Motor Nekat Putar Arah

Senin, 26 Oktober 2020 | 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Kepolisian Zebra 2020, mulai hari ini.

Puluhan pengendara yang mengetahui adanya razia kendaraan, memilih kabur dan sebagian lain nekat memutar arah di jalur transjakarta.

Operasi zebra 2020, yang dimulai hari ini, banyak ditemukan pengendara yang justru nekat memutar arah di jalur transjakarta, demi terhindar dari pemeriksaan polisi.

Salah satu titik operasi zebra, digelar di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, pagi tadi diperiksa surat dan kelengkapan kendaraannya oleh aparat kepolisian.

Dari ratusan pengendara yang dihentikan polisi, 24 di antaranya dikenai sanksi tilang.

Para pengendara yang melanggar pun bervariasi, mulai dari tak mengenakan helm, tidak memiliki kelengkapan surat atau dokumen berkendara, hingga melanggar rambu dan aturan tentang berkendara.

Titik lain tempat Operasi Zebra digelar, yakni di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat. Pengendara sepeda motor nekat kabur saat hendak diperiksa oleh petugas.

Meski begitu, petugas berhasil menjaring sepuluh pelanggar yang langsung dikenai sanksi tilang, karena tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Dalam Operasi Zebra 2020 kali ini, aparat kepolisian memfokuskan kepada kedisiplinan masyarakat dalam berkendara, mulai dari kelengkapan surat hingga alat pendukung keselamatan seperti helm dan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat.

Dan karena di masa pandemi covid-19, pada Operasi Zebra Jaya tahun 2020, petugas juga mengimbau agar pengendara mematuhi aturan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.


Menurut rencana, Operasi Zebra 2020 akan berlangsung selama dua minggu ke depan, hingga tanggal 8 November 2020, guna meminimalisasi terjadinya pelanggaran yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
 
 

Penulis : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


KOMPAS PAGI

KPK Geledah Rumah Dinas Edhy Prabowo

Kamis, 3 Desember 2020 | 08:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:19
GEMPA BERMAGNITUDO 5,3 YANG GUNCANG KENDARI, SULAWESI TENGGARA, PADA KAMIS DINI HARI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   KPK BERENCANA MEMBUKA PENYELIDIKAN KASUS DUGAAN GAGAL BAYAR DI INDUSTRI KEUANGAN    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: PANDEMI COVID-19 DI SEMUA NEGARA DI DUNIA TAK MENGURANGI ANCAMAN RADIKALISME & TERORISME    BIO FARMA KERJA SAMA DENGAN TELKOM MEMBANGUN INFRASTRUKTUR DIGITAL DALAM PENYEDIAAN DAN LAYANAN VAKSIN COVID-19   PRESIDEN VLADIMIR PUTIN PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 SKALA BESAR DI RUSIA MULAI PEKAN DEPAN    SATGAS PENANGANAN COVID-19 RIAU SEBUT KONDISI GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI BAIK DAN MASIH STABIL   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH DI KOTA PEKANBARU SETELAH DINYATAKAN POSITIF COVID-19   KOTA BATU KEMBALI ZONA MERAH, WALI KOTA SEBUT KARENA KENAIKAN KASUS COVID-19 DARI KLASTER KELUARGA, BUKAN PARIWISATA   BP2MI MINTA KEMNAKER CABUT IZIN PERUSAHAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KETERISIAN TEMPAT TIDUR RAWAT INAP DI RSUD KEDIRI, JATIM, YANG JADI RUJUKAN PASIEN COVID-19 MELEBIHI KAPASITAS   JELANG PILKADA 2020, PERLUDEM IMBAU PENYELENGGARA PEMILU WASPADAI KAMPANYE GELAP DAN ANTISIPASI POTENSI KERUMUNAN   CEGAH POLITIK UANG JELANG PILKADA 2020, POLRES KEPULAUAN RIAU BENTUK TIM PATROLI DAN BEKERJA SAMA DENGAN BANK   HARI INI, KPU GELAR DEBAT KANDIDAT PILKADA TANGERANG SELATAN PUKUL 20.00 WIB   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMERINTAH DAERAH EVALUASI APBD 2020