Kompas TV video cerita indonesia

Gerakan Ketahanan Pangan Melalui Pekarangan Pangan Lestari di Kota Parepare Sulawesi Selatan

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 17:18 WIB
Penulis : Aryo bimo

PAREPARE, KOMPAS.TV - Untuk membantu ekonomi rumah tangga di tengah pandemi, para ibu-ibu di Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, memanfaatkan pekarangan dengan menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Lahan pekarangan yang mereka gunakan dinamakan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Program yang digagas Dinas Ketahanan Pangan Parepare ini bertujuan menunjang ketersediaan pangan pada tingkat rumah tangga.

Dengan didampingi petugas kelurahan dan penyuluh pertanian Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare, para ibu-ibu ini memulai kegiatan bercocok tanam di pekarangan.

Bermacam sayuran seperti cabe, tomat, kangkung, bawang merah, dan terong sudah bisa dipanen. Hasil panen tersebut kemudian dijual ke pengepul buah dan sayuran. Keuntungannya bisa digunakan untuk membantu perekonomian keluarga.

Ibu-ibu di Kelurahan Lapadde juga berhasil membudidayakan tanaman bawang merah yang bisa tumbuh subur, padahal tanaman ini dikenal sulit berkembang di wilayah Parepare.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x