Kompas TV nasional sapa indonesia

Tantangan Baru Bagi Penyelenggara Pemilu di Tengah Pandemi

Senin, 26 Oktober 2020 | 12:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan kampanye paslon menjadi pelanggaran paling umum yang masuk ke Bawaslu.

Dari pantauan Bawaslu Jawa Tengah terdapat 16 jenis kegiatan kampanye yang melanggar protokol kesehatan selama periode 26 September hingga 22 Oktober 2020.

Pelanggaran protokol kesehatan saat kampanye dengan jumlah massa lebih dari 50 orang yang berisiko menularkan covid-19 terjadi di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Demak, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

Selama 20 hari masa kampanye berjalan, Bawaslu Provinsi Riau menemukan 23 pelanggaran oleh calon kepala daerah di 9 wilayah Kota - Kabupaten di Provinsi Riau.

Bawaslu menemukan lebih dari 1.000 alat peraga kampanye menyalahi aturan.

Selain itu, Bawaslu dan Kepolisian setempat juga membubarkan 3 kampanye pasangan calon.

Di Sidoarjo, Bawaslu setempat memeriksa 2 dari 3 Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo terkait dugaan pelanggaran kampanye.

Paslon nomor urut 1, Bambang Haryo - Taufiqulbar diperiksa terkait video pementasan musik dangdut, sedangkan paslon paslon nomor 2, Ahmad Muhdlor dan Subandi dipanggil terkait dugaan politik uang dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Perludem dan Indonesia Corruption Watch, ICW menyoroti adanya dua mantan narapidana kasus korupsi yang lolos dalam pencalonan Pilkada di Kabupaten Dompu, NTB dan Lampung Selatan, Provinsi Lampung. 

Kita membahasnya secara daring bersama Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, Direktur Eksekutif Perludem, Khoirunissa Nur Agustyati dan Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti. 

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:03
KADIS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN SEBUT RUANG ICU RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI DILAPORKAN ATAS DUGAAN PENCEMARAN NAMA BAIK JUSUF KALLA   PUTRI JUSUF KALLA, MUSWIRAH, LAPORKAN FERDINAND HUTAHAEAN DAN RUDI S KAMRI KE BARESKRIM POLRI   PRESIDEN JOKOWI TERIMA 18 NAMA CALON ANGGOTA OMBUDSMAN   BERSAKSI DI PERSIDANGAN, DOKTER UNGKAP BIAYA PERAWATAN JAKSA PINANGKI CAPAI RP 100 JUTA PER TAHUN   GUBERNUR RIDWAN KAMIL IMBAU WISATAWAN TIDAK BERKUNJUNG KE BANDUNG RAYA KARENA ZONA MERAH COVID-19   DINKES DKI SEBUT DARI 437 ORANG YANG DITES USAP, 24 POSITIF COVID-19, 296 NEGATIF, & 117 MASIH TUNGGU HASIL   DINKES DKI TES USAP 437 ORANG YANG KONTAK DENGAN GUBERNUR ANIES BASWEDAN & WAGUB AHMAD RIZA PATRIA   KASATPOL PP DKI MENGAKU MENJAWAB 53 PERTANYAAN PENYIDIK SOAL KERUMUNAN DI ACARA RIZIEQ SHIHAB   BAWASLU NTT LAPORKAN LOGISTIK PILKADA SABU RAIJUA TERSASAR KE KPU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA   KPK GELEDAH RUMAH DINAS MANTAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO   POLRI MENILAI DEKLARASI PEMERINTAHAN SEMENTARA PAPUA BARAT OLEH BENNY WENDA BENTUK PROVOKASI & PROPAGANDA   PRESIDEN JOKOWI TUNJUK MENTAN SYAHRUL YASIN LIMPO SEBAGAI MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN SEMENTARA   KPU MENGATAKAN PETUGAS DI TPS AKAN DIBERI APD TIGA MACAM YAITU "FACE SHIELD", MASKER, DAN SARUNG TANGAN