Kompas TV internasional kompas dunia

Molave Meningkat Menjadi Topan, 9.000 Rumah Mengungsi Di Filipina

Senin, 26 Oktober 2020 | 11:25 WIB
molave-meningkat-menjadi-topan-9-000-rumah-mengungsi-di-filipina
Topan Molave menghantam daratan, mengakibatkan hujan lebat serta angin kencang. Hampir 9.000 orang meninggalkan rumah mereka di Filipina (Gambar Ilustrasi) (Sumber: Pixabay, Pexels)

Manila, Kompas TV - Provinsi di bagian selatan pulau utama Luzon pada Minggu, dilintasi oleh Topan Molave yang menghantam daratan, membawa hujan lebat serta angin kencang, kata para pejabat.

Sedikitnya hampir 9.000 orang meninggalkan rumah mereka di Filipina ketika Topan Molave datang, seperti dilansir dari Reuters.

Laporan kerusakan jalan dan jembatan, banjir dan insiden tanah longsor di beberapa daerah, telah diterima oleh Badan pemantau bencana namun sejauh ini tidak ada korban jiwa.

Molave meningkat menjadi topan saat bergerak ke barat dan mendarat di atas Pulau San Miguel di provinsi Albay pada sore hari. Kecepatan angin berkepanjangan 130 kilometer per jam (80 mph).

Hal itu membuat pendaratan kedua di kota Malinao juga di Albay, saat biro cuaca setempat melaporkan.

Badan pemantau bencana mengatakan sekitar 5.518 orang dievakuasi ke tempat yang lebih aman, sementara 3.421 orang berlindung bersama kerabat mereka di daerah di luar zona bahaya.

Molave mengikuti Badai Tropis Saudel, yang pekan lalu menyebabkan banjir yang meluas di provinsi Quezon di wilayah Calabarzon, tenggara ibu kota Manila.

Penulis : Agung Pribadi

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:46
KOGABWILHAN SEBUT PASIEN COVID-19 BERTAMBAH 112 ORANG DI RSD WISMA ATLET HINGGA SABTU, PUKUL 08.00 WIB   BARESKRIM POLRI TETAPKAN CAGUB SUMATERA BARAT, MULYADI SEBAGAI TERSANGKA PIDANA PEMILU   KEMLU PANGGIL DUBES INGGRIS UNTUK INDONESIA OWEN JENKINS YANG SAMPAIKAN PROTES KERAS ATAS PERNYATAAN BENNY WENDA   KEMLU: TOTAL WNI TERKONFIRMASI DI LUAR NEGERI HINGGA 5 DESEMBER 2020 ADALAH 2.087   KEMLU MENCATAT ADA 2 PENAMBAHAN KASUS WNI POSITIF COVID-19 DI KAZAKHSTAN   PRESIDEN AS DONALD TRUMP PERINTAHKAN PENARIKAN PASUKAN MILITER AMERIKA SERIKAT DARI SOMALIA   JELANG PILKADA 2020, 8 ORANG DI SEKRETARIAT KPU SITUBONDO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19    OTT PEJABAT KEMENSOS, MENTERI JULIARI P BATUBARA: KITA MASIH MEMONITOR PERKEMBANGANNYA   OTT PEJABAT KEMENSOS, KPK: DUGAAN KORUPSI PPK TELAH MENERIMA HADIAH DARI VENDOR PENGADAAN BARANG & JASA BANSOS   KPK TANGKAP TANGAN PEJABAT PEMBUAT KOMITMEN PADA PROGRAM BANSOS DI KEMENSOS   PEKAN DEPAN, UNI EMIRAT ARAB LUNCURKAN VISA TURIS UNTUK WARGA ISRAEL   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA UJI COBA SEKOLAH TATAP MUKA DIHENTIKAN SETELAH 179 SISWA SMKN POSITIF COVID-19   MENSOS MENGATAKAN PENDERITA TBC MASUK DAFTAR PENERIMA BANTUAN PKH MULAI 2021   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PEMERINTAH PUSAT MEMPERBAIKI INPUT DATA HARIAN KASUS COVID-19