Kompas TV regional berita daerah

Kain Tenunan Khas Bali Dilirik Rumah Mode Dunia

Kompas.tv - 26 Oktober 2020, 11:18 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Berbagai Kesenian Hingga Kearifan Lokal Di Miliki Indonesia , Salah Satunya Bisa Kita Jumpai Di Kabupaten Klungkung , Bali , Yakni Kerajinan Kain Tenunan Cag-Cag , Kain Tenunan Ini Kini Telah Menbus Pasar Dunia .

Untuk Melestarikan Dan Mengenalkan Kain Tenun Khas Klungkung Bali Seorang Perajin Kain Tenun Tetap Menjalakan Usahanya Di Tengah Pandemi Covid-19 .

Usaha Yang Telah Dimulai Sejak Tahun 1986 Hingga Kini Masih Tetap Eksis , Bahkan Karyanya Telah Tembus Pasar International , Meskipun Masih Menggunakan Alat Tradisional / I Nyoman Sudira Mengaku Tidak Menemui Kendala Di Bidang Produksi . Hanya Saja Saat Pandemi , Daya Beli Masyarakat Yang Menurun Menyebabkan Omzetnya Juga Ikut Menurun .

Meskipun Demikian , Nyoman Sudira Tetap Bersyukur , Karena Kain Tenun Kini Tengah Dilirik Oleh Rumah Moda Kenamaan Eropa , Christian Dior , Hal Ini Tentu Akan Mengangkat Nama Kain Tenun Itu Sendiri , Dan Dapat Berdampak Baik Bagi Usahanya .

Berbagai Jenis Kain Di Produksi Di Tempat Usahanya Mulai Dari Sutra , Mastuli Hingga Tenun Cag-Cag Yang Dulu Sempat Ditinggalkan Masyarakat . Harganya Pun Bervariasi Mulai Dari 90 Ribu Rupiah Hingga 8 Juta Rupiah

#klungkung #kaintenun #modedunia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.