Kompas TV klik360 internasional

Ribuan Pengunjuk Rasa Kembali Menuntut Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha Untuk Mundur

Senin, 26 Oktober 2020 | 11:30 WIB

BANGKOK, KOMPAS.TV - Ratusan orang kembali berkumpul untuk berunjuk rasa, di pusat Bangkok pada hari Minggu (25/10/20).

Pengunjuk rasa berusaha untuk terus menekan pemerintah agar Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mundur dari jabatannya.

Baca Juga: Gagal Redam Unjuk Rasa, Pemerintah Thailand Cabut Dekrit Darurat

PM Thailand Prayuth Chan-ocha memberikan pernyataan bahwa dirinya tidak akan mundur. Prayuth mengatakan hal tersebut tersebut kepada pendukungnya, saat dia meninggalkan kuil Buddha tempat sesi doa diadakan untuk perdamaian dan kemakmuran nasional. 

Para pengunjuk rasa mengatakan, mereka akan memenuhi tenggat waktu agar Prayuth memenuhi tuntutan mereka supaya mengundurkan diri.

Pengunjuk rasa juga meminta rekan-rekan mereka rasa yang ditangkap, dibebaskan dari penjara.

Pengunjuk rasa mulai berdemonstrasi di persimpangan Rajprasong, di pusat ibu kota, area yang biasanya sangat ramai pengunjung di akhir pekan.

Selain menyerukan pengunduran diri Prayuth, tuntutan inti pengunjuk rasa termasuk mewujudkan konstitusi yang lebih demokratis dan dilakukannya reformasi monarki.

Kritik implisit terhadap monarki, yang diyakini para pengunjuk rasa memiliki terlalu banyak kekuasaan, telah membuat jengkel warga konservatif Thailand karena secara tradisional telah diperlakukan sebagai keramat dan pilar identitas nasional.

Ada kekhawatiran situasi akan semakin tidak menentu, karena dalam sepekan terakhir telah terjadi mobilisasi kekuatan yang mengaku sebagai pembela kerajaan. 

Penulis : Aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:19
KEPONAKAN MAHFUD MD SEBUT MASSA MENGANCAM BAKAR RUMAH MENKO POLHUKAM DI PAMEKASAN JIKA RIZIEQ SHIHAB DIPENJARA   RUMAH MENKO POLHUKAM MAHFUD MD DI PAMEKASAN SEMPAT DIDATANGI SEJUMLAH ORANG YANG MENYERUKAN ANCAMAN   KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT KLIENNYA TIDAK BISA JALANI PEMERIKSAAN KARENA BARU KELUAR DARI RUMAH SAKIT   BRIGJEN PRASETIJO UTOMO CABUT BAP SOAL IRJEN NAPOLEON BONAPARTE TERIMA 50.000 DOLLAR AS DARI TOMMY SUMARDI   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA PEMPROV DKI DAN JATENG EVALUASI IMPLEMENTASI PROTOKOL KESEHATAN   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 KECEWA ZONA MERAH COVID-19 NAIK DUA KALI LIPAT DARI MINGGU SEBELUMNYA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA SEKOLAH YANG MENJADI KLASTER COVID-19 DITUTUP   GUBERNUR RIDWAN KAMIL MENYATAKAN OKUPANSI RUANG ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAWA BARAT MENDEKATI 70 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI MINTA PARA MENTERI FOKUS REALISASIKAN ANGGARAN 2020 DAN BELANJA ANGGARAN 2021 DI AWAL TAHUN   PRESIDEN JOKOWI: KITA SANGAT OPTIMISTIS DALAM PENGENDALIAN COVID-19   KEPALA STAF PRESIDEN MOELDOKO MENGATAKAN PRESIDEN JOKOWI PUNYA KUNCI SENDIRI UNTUK TENTUKAN CALON KAPOLRI   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: 31 DESEMBER LIBUR PENGGANTI IDUL FITRI   PEMERINTAH MENETAPKAN 24-27 DESEMBER 2020 SEBAGAI LIBUR NATAL 2020   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA MASYARAKAT ARIF DAN BIJAKSANA MEMANFAATKAN LIBUR DI TENGAH PANDEMI COVID-19