Kompas TV video internasional

Presiden Polandia Andrzej Duda Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.tv - 25 Oktober 2020, 10:50 WIB
Penulis : Aryo bimo

WARSAWA, KOMPAS.TV - Presiden Polandia Andrzej Duda dinyatakan positif mengidap Covid-19, dalam keterangan yang disampaikan oleh juru bicaranya pada hari Sabtu (24/10/20).

Juru bicara Presiden Polandia Blazej Spychalski mengatakan di akun Twitternya @spychalski_b, bahwa pemimpin konservatif berusia 48 tahun itu diuji sehari sebelumnya dan hasilnya positif.

Dia mengatakan presiden merasa sehat dan sudah dalam proses isolasi.

Diagnosis Duda muncul di tengah lonjakan besar jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan angka kematian di Polandia. Padahal negara ini mendapatkan jumlah positif Covid-19 yang sangat rendah di musim semi lalu.

Tingkat infeksi yang melonjak mendorong sistem kesehatan negara yang tegang itu ke titik puncak.

Dokter mengatakan, pasien sekarang tidak hanya sekarat karena COVID-19, tetapi dari penyakit lain yang tidak dapat diobati oleh rumah sakit yang saat ini sedang kewalahan menangani banyaknya pasien.

Pemerintah Polandia sedang mempersiapkan untuk membuka rumah sakit lapangan, tetapi mereka tidak yakin akan menemukan dokter dan perawat untuk dipekerjakan.

Presiden Duda pada hari Jumat mengunjungi Stadion Nasional di Warsawa, yang sedang disulap menjadi salah satu rumah sakit lapangan.

Dia juga bertemu Jumat dengan Iga Swiatek, petenis Polandia berusia 19 tahun yang memenangkan kejuaraan Prancis Terbuka awal bulan ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x