Kompas TV regional berita daerah

Atasi Kekurangan Trombosit, UTD PMI Banjarmasin Kini Layani Donor Apheresis

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 23:04 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Antisipasi tingginya permintaan Trombosit untuk pasien Demam Berdarah untuk sejumlah Rumah Sakit Saat Musim Penghujan, PMI Kota Banjarmasin siapkan Alat Transfusi Trombosit.

Trombosit Apheresis alat ini dinamakan, berfungsi sebagai Alat Transfusi Trombosit yang setiap satu kali pengambilan darah, setara dengan 10 kantong Trombosit, sehingga tidak memerlukan 10 orang lagi untuk mencukupi setiap permintaan 10 kantong Trombosit.

Baca Juga: Sekolah Akan Dibuka? Disdik Banjarmasin Siapkan Skema Belajar Tatap Muka untuk SMP

Menurut Kepala UTD PMI Kota Banjarmasin Aulia Ramadhan Supit, Apheresis Trombosit ini adalah Alat Transfusi Trombosit satu-satunya di Kalimantan Selatan yang telah dioperasikan oleh pihak UTD PMI Kota Banjarmasin.

Aulia Ramadhan Supit menambahkan walaupun  dalam satu kali proses pengambilan darah memakan waktu yang cukup lama hingga 2 jam, pendonor akan diberikan makanan ringan dan minuman selama proses berlangsung serta diperbolehkan mendonor kembali 2 minggu setelahnya.

Baca Juga: Warga Antusias Bioskop di Banjarmasin Kembali Beroperasi

“Awalnya memang merasa sedikit takut aja, tapi lama-kelamaan ternyata rasanya seperti Donor Darah biasa” kata Muhammad Ikhsan.

Tidak hanya itu, alat ini juga bisa difungsikan sebagai alat transfusi darah lainnya seperti plasma convalesen untuk pasien covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.