Kompas TV regional berita daerah

Bantu Pasien Covid-19, PMI Sediakan Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Solo, Jawa Tengah menyediakan plasma konvalesen yang dapat digunakan untuk terapi pemulihan pasien Covid-19. PMI meminta kepada penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan darahnya, karena akan berguna bagi pasien Covid-19.

PMI Kota Solo, Jawa Tengah sudah siap untuk menerima pendonor darah, terutama dari penyintas Covid-19. Dari donor darah ini, akan diambil plasma konvalesennya. Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Universitas Sebelas Maret serta beberapa rumah sakit rujukan Covid-19, PMI akan melakukan terapi plasma konvalesen.

Berbeda dengan donor darah biasa, darah dari penyintas Covid-19 hanya diambil satu komponen darah saja. Pengambilan sebanyak 500 mililiter dengan 400 mililiter dibagi menjadi 2 kantong. Sementara sisanya menjadi arsip, untuk keperluan penelitian. PMI mengajak para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasa konvalesen darahnya.

Plasma konvalesen ini akan diberikan kepada pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam plasma darah dari penyintas, sudah terbentuk antibodi yang berguna bagi penyembuhan. Plasma ini bisa disimpan hingga 1 tahun lamanya. Namun hingga saat ini, belum ada penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya. Diharapkan pendonor akan segera datang dan mendonorkan plasma darahnya.

#PMI #Covid19 #PlasmaKonvalesen

 

 




 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x