Kompas TV bisnis kebijakan

Jokowi Minta Peta Jalan Hilirisasi Batubara Dipercepat

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 10:41 WIB
jokowi-minta-peta-jalan-hilirisasi-batubara-dipercepat
Konferensi Pers Presiden Jokowi di Istana Bogor mengenai demonstrasi UU Cipta Kerja. (Sumber: Youtube Setpres.)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Presiden Joko Widodo meminta percepatan pembuatan peta jalan alias roadmap industri batubara. Salah satunya adalah untuk mendorong hilirisasi batubara. 

Peta jalan tersebut juga memuat kebutuhan dalam hilirisasi tersebut termasuk kebutuhan teknologi yang ramah lingkungan.

"Tentukan strategi, tentukan produk hilir yang ingin kita kembangkan sehingga jelas arah mana yang akan kita tuju," ujar Jokowi dalam pengantar rapat terbatas secara virtual di Istana Bogor, Jumat (23/10).

Baca Juga: Keren! Mahasiswa Sulap Limbah Batubara Jadi Beton Ramah Lingkungan

Beberapa pilihan dalam produk hilir tersebut disampaikan oleh Jokowi. Antara lain adalah produksi batubara menjadi produk gas dan petrokimia. Hilirisasi batubara juga nantinya akan berdampak pada pengurangan impor Indonesia.

Jokowi juga meminta penetapan kawasan pengembangan hilirisasi batubara. Nantinya kawasan yang ditetapkan harus memiliki kecukupan pasokan.

"Kawasan yang akan dikembangkan menjadi hilirisasi industri batubara di mana saja sehingga jelas arah kita ini seperti apa," terang Jokowi.

Upaya mengembangkan industri hilir batubara diharapkan juga akan menambah nilai tambah dari produk tersebut. Sehingga ke depan Indonesia tidak lagi mengekspor bahan mentah.

(Sumber: Kontan, Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x