Kompas TV bisnis kebijakan

Luhut: Kalau Kerja Jangan Tanggung-Tanggung!

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 10:33 WIB
luhut-kalau-kerja-jangan-tanggung-tanggung
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Kabupaten Brebes, untuk melakukan penanaman mangrove, Kamis (22/10/2020). (Sumber: Dokumentasi Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Setelah mobil listrik, giliran mangrove yang dikebut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia memerintahkan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Linkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti untuk melobi di dua negara, Eropa dan Abu Dhabi.

Tujuannya agar kedua negara tersebut tertarik berinvestasi di perluasan penanaman mangrove yang masuk sebagai program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca Juga: Wujudkan Mimpi Luhut, Hyundai Bangun Pabrik Mobil Listrik Bekasi

“Deputi saya, Bu Nani, akan ke Abu Dhabi dan saya minta juga lobi di Eropa untuk bantu investasi. Karena investasinya sangat besar. Kalau 600.000 hektare kira-kira hampir Rp 16 triliun. Dengan angka yang besar dampaknya juga akan besar, makanya kita jangan kerja tanggung-tanggung," ujar Luhut.

Luhut berupaya memperluas penanaman tanaman mangrove sampai 600.000 hektare hingga 4 tahun mendatang.

Masih kata Luhut, Bank Dunia sangat mendukung adanya program PEN melalui pemulihan mangrove. Oktober lalu, telah disepakati usulan program PEN tahun 2021. Dari KLHK dalam bentuk kegiatan penanaman mangrove seluas 46.758 Ha di 34 provinsi dan KKP seluas 1.522,91 Ha.

Baca Juga: Luhut: Indonesia Mampu Menarik Investasi Mobil Listrik

“Karena itu saya mohon agar Bapak, Ibu dukung program mangrove ini. Mari kita kompak, mari kita saling mendukung untuk membuat Indonesia lebih bagus lagi ke depan,” tegas Luhut.

Kabupaten Brebes ditetapkan sebagai lokasi penanaman. Yaitu dengan mempertimbangkan faktor pasang surut air laut, fasilitas pengelolaan, serta faktor teknis terkait lainnya.

(Dyah Megasari)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.