Kompas TV internasional kompas dunia

Ada Aturan Baru di Sesi Terakhir Debat Capres AS

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 07:47 WIB
ada-aturan-baru-di-sesi-terakhir-debat-capres-as
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya di pemilu 2020, mantan Wakil Presiden Joe Biden. (Sumber: AFP via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPAS.TV - Sesi terakhir debat calon presiden Amerika Serikat akan digelar di Nashville, Tennessee, Kamis (22/10/2020) malam waktu setempat.

Dalam debat kali ini penyelenggara menerapkan aturan baru yakni mematikan mikrofon untuk menjaga ketertiban acara. 

Mematikan pengeras suara ini berkaca dari kegaduhan penuh interupsi pada sesi debat pertama. 

Baca Juga: Debat Capres AS Terakhir Gunakan Tombol Bisu dan Terapkan Protokol Kesehatan

Nantinya selama dua menit, Donald Trump serta Joe Biden diberi waktu untuk menjawab pertanyaan moderator, dan mikrofon kandidat akan dimatikan saat capres yang lain menjawab.

Debat sesi terakhir ini dilaksanakan selama 90 menit yang dibagi menjadi 6 sekmen. Tiap sekmen akan diberi waktu selama 15 menit. 

Pada awal topik baru, tiap capres akan diberikan waktu 2 menit untuk berbicara tanpa adanya interupsi. Di sekmen ini panitia penyelenggara debat akan mematikan mikorfon kandidat lain saat salah satu capres sedang berbicara. 

Selain adanya aturan tombol bisu (mute), pada debat kali ini penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Penonton acara yang tidak menuggunakan masker akan diminta keluar ruangan. 

Baca Juga: Tolak Tuduhan Trump, Biden: "Trump Putus Asa!"

Pada debat terakhir ini panitia membatasi jumlah penonton. Debat yang berlangsung di dalam arena seluas 8.360 meter persegi di Belmont University, sebuah universitas dengan lebih dari 8.200 mahasiswa di kota Nashville.

Universitas ini juga pernah menyelenggarakan debat bergaya balai kota (townhall) antara Barack Obama dan John McCain pada tahun 2008.

Debat Capres AS yang berlangsung pada Jumat pagi ini akan ditayangkan langsung Kompas TV melalui kanal YouTube Kompas TV

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x