Kompas TV internasional kompas dunia

Debat Capres AS Terakhir Gunakan Tombol Bisu dan Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.tv - 23 Oktober 2020, 07:29 WIB
debat-capres-as-terakhir-gunakan-tombol-bisu-dan-terapkan-protokol-kesehatan
Seorang petugas sedang membersihkan arena debat Capres AS yang berlangsung di Belmont University, Nashville, Kamis (22/10/2020) waktu setempat. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

NASHVILLE, KOMPAS.TV – Debat terakhir Calon Presiden Amerika Serikat (AS) berlangsung pada Kamis (23/10/2020) waktu setempat atau Jumat pagi WIB. Sekitar 200 orang menonton secara langsung debat antara Presiden AS Donald Trump yang dicalonkan Partai Republik dan Joe Biden yang diusung Partai Demokrat. Debat dilaksanakan di arena sebuah perguruan tinggi di Nashville.

Seorang perwakilan dari Komisi Debat Presiden akan memastikan setiap kandidat memiliki waktu dua menit penuh tanpa terputus untuk menyampaikan jawaban pembukaan tentang enam topik utama.

Ada satu hal baru yang ditampilkan dalam debat kali ini, yaitu tombol bisu (mute). Satu orang dari anggota tim kampanye Trump dan Biden akan memantau petugas yang mengontrol tombol bisu (mute) di belakang panggung. Mereka mencatat bahwa tombol tersebut tidak akan digunakan lebih dari empat menit dari setiap topik yang dijawab oleh para kandidat.

Baca Juga: Tayangan Debat Capres AS: Rating Biden Ternyata Kalahkan Rating Trump!

Seperti dikutip dari the Associated Press, tombol bisu (mute) adalah salah satu dari sedikit perubahan yang diterapkan oleh komisi debat, untuk menciptakan ketertiban yang lebih baik. Sebelumnya pada debat pertama, acara berlangsung riuh dan terjadi saling potong pembicaraan.

Selain itu, penyelenggara debat awalnya berencana untuk memisahkan kandidat dengan penghalang kaca, untuk memberikan pengamanan lebih akan penyebaran virus corona. Tetapi akhirnya kaca tersebut disingkirkan beberapa jam sebelum debat dimulai.

Tim kampanye Trump menentang penggunaan kaca, seperti yang terjadi menjelang debat wakil presiden awal bulan ini.

“Sikap kampanye Trump adalah (menekankan) bahwa presiden tidak lagi menularkan virus corona. Tapi kami akan tetap membawa penasihat medis kami,” kata Ketua Komisi Debat Capres AS Frank Fahrenkopf.

Selain itu, setiap penonton yang menolak untuk memakai masker akan diminta untuk keluar.

Baca Juga: Capres AS Saling Lempar Serangan Jelang Townhall

Bulan lalu, beberapa anggota keluarga Trump diketahui melepas masker setelah duduk di ruang debat.

Debat berlangsung di dalam arena seluas 8.360 meter persegi di Belmont University, sebuah universitas dengan lebih dari 8.200 mahasiswa di kota Nashville. Universitas ini juga pernah menyelenggarakan debat bergaya balai kota (townhall) antara Barack Obama dan John McCain pada tahun 2008.

Namun dalam debat kali ini, penonton yang hadir langsung akan jauh lebih sedikit.

Komisi debat mengatakan bahwa hanya sekitar 200 orang yang akan berada di dalam arena. Mereka terdiri dari tamu undangan kampanye dan komisi debat, mahasiswa, tim produksi, keamanan, serta petugas kesehatan dan keselamatan. Penonton akan duduk sesuai dengan rekomendasi jarak sosial.

Semua penonton dan staf pendukung diharuskan menjalani tes virus corona tiga hari sebelum acara. Mereka mengenakan gelang berwarna sebagai bukti tes negatif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.